KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia

Siswoyo Aris Munandar(1*), Rinda Khoirunnisfa(2),

(1) STAI Sunan Pandanaran
(2) State Islamic Institute Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: This study started with the problem of the moral crisis that hit many rites Karima learners in Indonesia increasingly pay attention to. The moral values and morals in the modern era increasingly eroded, the student became pregnant outside of wedlock, resulting in a brawl between students, rampant drug use, and abuse of students to teachers even lead to death. KH. M. Hasyim Asy’ari about education schools as well as revealing the sides of modernity that are relevant to the present condition of education. The core of this study lies in the greatness of KH. M. Hasyim Asy’ari in changing the pesantren education system starting from the intake of moralistic characters. A breakthrough is impressive and remains relevant to the existence of schools today. Concerning some of the literature about him, This research uses a literature review with qualitative research. Data were taken from newspapers, articles, journals, books and other documents. The data were analyzed using content analysis philological, where analyzes of the educational thought KH. M. Hasyim Asy’ari associated with its development in the present. The research results lead to the conclusion, 1) To describe the relevance of ethics in Islamic education teachers according to the code of conduct KH. M. Hasyim Asy’ari teachers in Indonesia. 2). To describe the thought KH. M. Hasyim Asy’ari Islamic education and ethics of teachers to students. (3). source destination educational thought by KH. M. Hasyim Asy’ari is to humanize the position as creatures who gave birth to awareness to their rights and obligations to God the creator of man,

 

Keywords: KH. Hasyim Ashari, Teacher Ethics, Modern Education.

 

Abstrak: Penelitian ini berawal dari permasalahan krisis akhlak karimah yang menimpa manyoritas peserta didik di Indonesia semakin memperhantikan. Nilai-nilai ahlak dan moral di era modern semakin terkikis, siswa hamil diluar nikah, sehingga mengakibatkan tawuran antarpelajar, penggunaan narkoba semakin merajalela, serta penganiayaan siswa terhadap guru yang bahkan sampai berujung kepada kematian. KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan pesantren serta mengungkap sisi-sisi modernitas yang relevan dengan kondisi pendidikan masa kini. Inti Dari penelitian ini terletak pada kehebatan KH. Hasyim Asy’ari dalam merubah sistem pendidikan pesantren mulai dari asupan karakter yang bersifat moralistic. Suatu terobosan besar yang mengesankan dan tetap relevan dengan eksistensi pendidikan masa kini. Dengan merujuk pada beberapa literatur yang menyangkut dengan beliau, penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan jenis penelitian kualitatif. Data diambil dari Koran, artikel-artikel, jurnal, buku dan dokumen lain. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis isi yang filologis, di mana menganalisis terhadap pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari dikaitkan dengan perkembangannya di masa kini. Dari hasil penelitian menghasilkan kesimpulan, 1) Untuk mendeskripsikan relevansi etika guru dalam pendidikan Islam menurut KH.Hasyim Asy’ari dengan kode etik guru di dindonesia. 2). Untuk mendeskripsikan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari pendidikan Islam dan Etika guru terhadap murid. (3). sumber tujuan pemikiran pendidikan menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah memanusiakan pada posisinya sebagai ciptaan yang melahirkan kesadaran untuk melakukan hak dan kewajibannya kepada Tuhan pencipta manusia, inilah yang menjadi embrio lahirnya pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Hasyim Asy’ari, Etika Guru, Pendidikan Modern.


Keywords


Hasyim Asy’ari, Etika Guru, Pendidikan Modern.

Full Text:

PDF

References


A. Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

A. Mujib Dkk, Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Perkembangan Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.

A’dlom, Syamsul, “Kipah KH. Hasyim Asy’ari dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Pusaka, Desember, 2014.

Abidin, Nur Wahid Zaenal, “Konsep Kepribadian Guru Menurut KH. Hasyim Asy’ari (Telaah Kitab Adāb Al ‘Ᾱlim Wa Al Muta’Allim)” Tesis, UIN Walisongo, 2016.

Al Mubarok. Muh Shofi and Sudarno Shobron, “Dakwah Dan Jihad Dalam Islam: Studi Atas Pemikiran KHM Hasyim Asy’ari,” Profetika: Jurnal Studi Islam, Vol. 16, no. 2 (2017).

Al-Nahlawy, Abdurrahman, Prinsip-prinsip Dasar Metode Pendidikan Islam, terj. H. M. Dahlan , Bandung: Dipenogoro, 1989.

Arifin, Kepemimpinan Kiyai: Kasus Pesantren Tebuireng, Jakarta: Kali Mandala Press, 1992.

As’ad, Mahrus, “Pembaruan Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari”, Jurnal TSAQOFAH, Vol. 8 No. 1 April 2012,

Asy’ari, KH. M. Hasyim, Etika Pendidikan Islam, Yogyakarta: Titian Wacana, 2007.

Azra, Azyumardi, “Pembaruan Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar,” dalam Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Islam. Jakarta: Departemen Agama RI. 1997/1998.

Bad al-Dîn bn Jamâ‘ah, Tadzkirah al-Sâmi‘wa al-Muta‘allim fî Âdâb al-‘Âlim wa alMuta‘allim, Mesir: Dâr al-Âtsâr. 2005.

Bruinessen, M. V, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, Bandung: Mizan, 1995.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, Buku Pedoman Skripsi Revisi 2018, Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2018.

Hadi, Abdul, KH. Hasyim Asy’ari: Sehimpun Cerita, Cinta, dan Karya Maha Guru Ulama Nusantara, Yogyakarta: DIVA Press, 2018.

Hâdziq, Ishâm al-Dîn, “Al-Ta‘rîf bi al-Mu’allif,” dalam Muhammad Hâsyim Asy‘arî, Âdâb al-‘Âlim wa alMuta‘allim Jombang: Maktabah al-Turâts al-Islâmî, 1415 H.

Hadziq, Ishomuddin, KH. Hasyim Asy‘ari: Figur Ulama dan Pejuang Sejati, Jombang: Pustaka Warisan Islam, 1999.

Hakam, Abdullah, “KH. Hasyim Asy’ari dan Urgensi Riyâdah dalam Tasawuf Akhlâqî,” Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, vol. 4, no. 1 (Juni, 2014), https://doi.org/10.15642/teosofi.2014.4.1.145-166.

Hartono Margono, “KH. Hasyim Asy’ari Dan Nahdlatul Ulama: Perkembangan Awal Dan Kontemporer,” Media Akademika, Vol. 26, no. 3, 2011.

Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter Khas Pesantren terjemah kitab Adab‘Alim wa al - Muta’allim terj. Rosidin. Tanggerang: Tsmart Printing 2017.

I. Syafi’i, “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter,” Al-Tadzkiya’: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1 2017.

Irawan, Aguk, Akar Sejarah Etika Pesantren di Nusantara: Dari Era Sriwijaya Sampai Pesantren Tebu Ireng dan Ploso, Tangerang: Pustaka IIMAN, 2018.

K. Hitty, Philip, History of the Arabs, London: Macmillan Press, 1974.

Khuluq, L., Fajar Kebangunan Ulama Biografi K.H. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: LKiS, 2009.

M. Hosnan, Etika Profesi Pendidik Pembinaan dan Penetapaan Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Serta Pengawas Sekolah, Bogor: Gralia Indonesia, 2016.

Mahmud, Metodelogi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Makmun, H. A. R., “Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo,” Cendekia, vol. 12, no. 2, 2017.

Meleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitalif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mukani, “Biografi KH Hasyim Asyari”, Lathiful Khuluq, Fajar Kebangunan Ulama, Yogyakarta: LKiS, 2000.

Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Penerbit Angkasa, 2003.

Noor, Rohinah M., KH. Hasyim Asy’ari Memodernisasi NU & Pendidikan Islam, Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu, 2010.

Octavia, Lanny, Ibi Syatibi, dkk, Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren, Jakarta: Yayasan Rumah Kita Bersama, 2014.

Putra, A, “Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Konstribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia,” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, vol. 1, no. 1, 2016.

Rais, Amin, Tauhid Sosial: Formula Menggempur Kesenjangan, Bandung: Mizan, 1998.

Rijaluddin, Bunga Rampai Pendidikan Islam, Jakarta: Pusat Kajian Islam UHAMKA, 2008.

Rohinah, “Sistem Nilai dan Pendidikan (Studi atas Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari)”, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008.

Rusdiana dan Yeti Heryati, Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

S. Maarif, “Inklusifitas Pesantren Tebuireng: Menatap Globalisasi dengan Wajah Tradisionalisme,” Jurnal Pembangunan Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2015.

Saerozi, Muh, Pembaruan Pendidikan Islam: Studi Historis Indonesia dan Malaysia1900-1942, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2013.

Saridjo, M., Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta: Dharma Bhakti, 1979.

Sugara, Robi, “Reinterpretasi Konsep Bid’ah dan Fleksibilitas Hukum Islam Menurut Hasyim Asyari,” Asy-Syari'ah, vol. 19, no. 1 (Juni, 2017),https://doi.org/10.15575/as.v19i1.4029.

Supriyadi, Ulama Pendiri, Penggerak, dan Intelektual NU dari Jombang, Jombang: Pustaka Tebuireng, t.th.

Sururin, “Etika Pendidik dan Peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari”, Tahdzib Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. III, No. 1, Januari 2009.

Suwendi, Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari, Ciputat: LekDis, 2005.

Syamsul Kurniawan, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Tamyiz Burhanudin, Akhlak Pesantren Solusi bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: Ittaqa Press, 2001.

Tibawi, A.L, Islamic Education: Its Traditions and Modernization into the Arab National Systems, London: Luzac, 1972.

Umdirah, Abdurrahman, Metode al-Qur’an dalam Pendidikan, alih bahasa; Abdul Hadi Basulthanah, Surabaya: Mutia Ilmu, tt.

Usa, Muslih, Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

UUD RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Pasal 3.

Yuliyanti, Rini, “Hubungan Guru Dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dan Implementasinya Dalam Tradisi Pembelajaran Di Pondok Pesantren Nurul Hikmah” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2017. http://repository.radenintan.ac.id/1371/

Z. Dhofier, Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011.

Zuhri, Ahcmad Muhibbin, Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari Tentang Ahl Al- Sunnah Wa alJama’ah, Surabaya: Khalista, 2010.


Article metrics

Abstract views : 183 | views : 52


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Siswoyo Aris Munandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.