TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.376

Authors

  • Muhamad Khusnul Muna Dosen STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang - Indonesia
  • M. Yusuf Agung Subekti Dosen STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang - Indonesia

Keywords:

Nilai Toleransi, Al-Qur’an, Wahbah Zuhaili, Tujuan Pendidikan Islam

Abstract

This study aims to determine the values of tolerance contained in Surah Al-Hujurat verses 11-13 in the Interpretation of Tafsir Al-Munir by Wahbah Zuhaili and how relevant it is to the objectives of Islamic education. This research is library research with primary data source Tafsir Al-Munir's Aqidah wa al-Syari'ah wa al-Manhaj'. Data analysis using content analysis. The results of this study indicate that the religious tolerance values contained four aspects, namely the value of Humanity, plurality, the harmony of life and egalitarian / equality. The relevance of the objectives of Islamic education is to realize students who have the ability to control themselves, are able to maintain peace and harmony in internal and interfaith relations, have a noble personality, and have a commitment to practice their knowledge and skills for the benefit of themselves, society, and the nation-state.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan sumber data primer kitab Tafsir Al-Munir fil Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj karya Prof. Wahbah Musthofa Al-Zuhaili. Analisis data menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 meliputi empat aspek, yaitu nilai Kemanusiaan, pluralitas, keharmonisan Hidup dan egaliter/kesetaraan. Adapun relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam adalah mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuan mengendalikan diri, mampu menjaga perdamaian dan kerukunan memiliki kepribadian yang mulia, serta memiliki komitmen mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya bagi kepentingan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Masykuri, Demokrasi di Persimpangan Makna, Respons Intelektual Muslim Indonesia Bertahap Konsep Demokrasi, 1966-1993.

Abdullah, M. Amin, Dinamika Islam Kultural: Pemetaan atas Wacana Keislaman Kontemporer, Bandung: Mizan, 2000.

Abdullah, Masykuri, Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keragaman, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.

Al-Ahwaniy, Ahmad Fuad, al-Tarbiyah fil Islam, Mesir: Dar al-Ma’arif. tp, tt.

al-Amir. Abd Syams al-Din, Mausu'ah al-Tarbiyah al-Islamiyah al-Fikr al-Tarbawy ind Ibn Khaldun wa Ibn al-Az Ibn Khaldun, al-Firaq, (Libanon: Dar Iqra 1404 H./1984 M)., cet I

Al-Munawwar, Said Agil Fiqih Hubungan Antar Agama. Ciputat: Ciputat Press: 2005

Al-Zuhailī, Wahbah Tafsīr al-Munīr fī al-‘ Aqidah wa al- Syari’ah wa al- Manhaj, Kata Pengantar terj. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk, Jakarta: Gema Insani, 2013. cet I.

-------------------------. Tafsīr al-Munīr fī al-‘Aqidah wa al- Syari’ah wa al- Manhaj. Damsyik: Suriah, 2007.

-------------------------. Tafsir al-Wasith, Terj. Muhtadi, dkk, Jakarta: Gema Insani Press, 2013, Cet. III, Jilid III.

-------------------------. TafsÄ«r al-Wasīṯh; Muqaddimah TafsÄ«r al-Wasīṯh, Damsik: DÄr al-Fikr, 2006.

Effendy, Bahtiar, Masyarakat Agama dan Pluralisme Keagamaan, Yogyakarta: Galang Press, 2001.

Fajar, A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, l999.

Ghofur, Saiful Amin, Profil Para Mufasir al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

H. M Ali dkk, Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum Sosial dan Politik, Jakarta: Bulan Bintang, 1989.

Hasan, Muhammad Tholhah, Islam dalam Perspektif Sosial Kultural, Jakarta: Lantobora Press; 2005.

Hasyim, Umar, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar menuju Dialoq dan Kerukunan Antar Umat Beragama, Surabaya: Bina Ilmu, 1979.

M Ali H. dkk, Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum Sosial dan Politik, (Jakarta: Bulan Bintang, 1989), hlm. 83

Majid, Nurcholish, “Kata Pengantar: Umat Islam Memasuki Zaman Modern, dalam bukunya Islam Doktrin Perubahan, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadin,1988.

Marimba, Ahmad D, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam , Bandung: Al-Ma’arif, 1989.

Maslikhah, Qua Vadis Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan, Surabaya: Kerja sama STAIN Salatiga dan JP BOOKS, 2007. cet I

Misrawi, Zuhairi Al-Quran Kitab Toleransi: inklusivisme, pluralisme dan multikulturalisme, Jakarta: Fitrah, 2007

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta:Raja Grafindo,2009.

Nawawi, Hadari dkk., Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1994.

Nawawi, Hadari dkk., Penelitian Terapan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 1994, hlm 174.

Notonegoro, Abd. Sidiq, Dilema Menuju Islam Dialogis: Beajar Dari Kasus Moh. Shofan, dalam Moh. Shofan, Menegakkan Pluralisme Fundamentalisme-Konservatif di Tubuh Muhammadiyah.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan, Bab I, ketentuan Umum pasal, pasal I ayat I

Rahayu, Lisa, “Makna Qaulan dalam al-Qur’an; Tinjauan Tafsir Tematik Menurut Wahbah al-ZuhailÄ«â€, Skripsi Sarjana, Fakutas Ushuluddin Univesitas UIN SUSKA Riau, Pekanbaru, 2010.

Rahmat, M. Imdadun, Islam Pribumi: Mendialogkan Agama Membaca Realitas, Jakarta: Erlangga, 2003.

Rifai, Muhammad Nasib Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir . Jakarta:Gema Insani, 2000. Jilid IV

Saleh, Qamaruddin, dkk, Asbab Nuzul (Latar Belakang Historis Turunya Ayat-Ayat Al-Qur’an), Bandung: Diponegoro, Cet X, 1988.

Sumartana, dkk., Pluralisme: Konflik dan Pendidikan Agama di Indonesia, .Yogyakarta: Interfidei, 2001.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab I, ketentuan Umum pasal I ayat I.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167-189. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.376