Manajemen pelayanan perpustakaan perguruan tinggi islam

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.482

Authors

  • Iwan Sopwandin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati bandung
  • Erni Haryanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati bandung
  • Dian Dian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati bandung

Keywords:

Management, library service, Islamic Higher Education

Abstract

The study was to analyze the management of library services in uin mount djati bandung. The study USES a qualitative approach with a descriptive analysis method. Data collection techniques with participative observations, structured and unstructured interviews, and documentary studies. The analysis of the data in this study is done in three ways: data unitation, data categorization, and data interpretation. The search for library services management research found in mount dteal bandung shows that: 1) there are 11 types of service procedures; 2) service time on site for the update by 54 hours per week and online services can be obtained 24 hours nonstop via web and library applications; 3) services requiring an fee in the library, between which: a) the photoshop service, of rp500, rupiah/ page, b) the post - based member card service (lost) of rp100,000, d) 4) items for library services: a) physical products such as: a quick response code (QRC) visitors' lists, multi-purpose station (MPS), identification (rfid) of body technology (rfid), book drop machine; B) non - physical product: web based and application; 5) library facilities and infrastructure covered by the requirements for library accreditation, So the central library of uin msan bandung falls in the highest category (a); 6) the competence of library service officers according to competence standards based on Indonesian national performance standards, including general standards, content standards, and special standards.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Iwan Sopwandin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati bandung
    Manajemen Pendidikan Islam

References

2.5.2.2. W KBP SP MPP, Hasil Wawancara Dengan Koordinator Bidang Pelayanan Tentang Sarana Prasarana Pelayanan Perpustakaan, 2020

Binus Univesity, ‘Radio Frequency Identification (RFID)’, Https://Sis.Binus.Ac.Id/, 2014 <https://sis.binus.ac.id/2014/04/12/radio-frequency-identification-rfid/ Diunduh pada 12 Maret 2020>

Creswell, John W., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, IV (Los Angeles: SAGE Publications, 2014)

DPPU, Dokumen Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020

Gabriele, ‘Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Departemen Marketing Dan HRD PT. Cahaya Indo Persada’, Jurnal AGORA, 6.1 (2018), 10

Hanany, L Nailah Hanum, Hasil Wawancara Dengan Pustakawan Mengenai Kompetensi Petugas Pelayanan Perpustakaan, 2020

Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik (Yogyakarta: Gava Media, 2018)

HOdPU, Hasil Observasi Diperpustakaan UIN Bandung 2020, 2020

Ibrahim, Andi, Manajemen Dan Administrasi Perpustakaan (Makassar: Penerbit Syahadah, 2016)

Lampung, Universitas, ‘Pemasaran Produk Jasa’, Http://Digilib.Unila.Ac.Id, 2019 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>

Masditou, ‘Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu’, Jurnal ANSIRU PAI, Vol. 2.20 (2017), 119–45

MPANdRB RI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya, 2014

Nurohman, Aris, ‘Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi’, LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4.2 (2017), 419

P, 2.4.4.2 SD PP, ‘Studi Dokumentasi’ <Playstore Diunduh Pada 13 Maret 2020>

Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, ‘Panduan Penulisan Tesis Dan Disertasi’, 2018

Pepi, Hasil Wawancara Dengan Bagian Keuangan Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Bandung, 2020)

PKPN RI, Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Fungsional Pustakawan Melalui Penyesuaian/Inpassing, 2017

PKPN RI No 13, Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, 2017

PM RTPT RI, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Dan Evaluasi Peta Proses Bisnis Dan Standar Operasional Prosedur Di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti, 2017

Primastika, Widia, ‘Minat Baca Rendah Sebabkan Rendahnya Jumlah Penelitian Di Indonesia’, Tirto.Id, 2018 <https://tirto.id/cSYR Diakses 15 Januari 2020>

Rahayuningsih, Fransisca, Pengelolaan Perpustakaan (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015)

Rismayeti, ‘Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman, Pengelolaan Dan Standarisasi’, Jurnal Ilmu Budaya, 9.2 (2013), 104–17

Rohmiyati, Yuli, ‘Optimalisasi Perpustakaan Dengan Layanan Jam Malam’, Jurnal Anuva, 2.3 (2018), 325

Ruswandi, Andi, Hasil Wawancara Dengan Bagian Otomasi, 2020

Syera, Elty, ‘Pemanfaatan Web Di Perpustakaan UPT BIT (Studi Deskriptif Mengenai Pemanfaatan Website Di Ilmu Pengetahuan Indonesia)’, 1.1 (2013), 20–30

Uinsgd, ‘Judul Dan Eksemplar’, UIN Bandung Library Research, 2019 <Diunduh pada 16 Januari 2020, dari www.uinsgd.ac.id>

———, ‘Memperpanjang Pinjaman Buku Dari Rumah’, Perpustakaan UIN SGD Bandung, 2018 <Diunduh pada 15 Januari 2020, dari lib.uinsgd.ac.id>

———, ‘Perpustakaan UIN Bandung Mengembangkan Teknologi Polling’, Perpustakaan UIN SGD Bandung, 2020 <Diunduh Pada 15 Januari 2020, dari lib.uinsgd.ac.id>

———, ‘Perpustakaan UIN SGD Bandung Dapat Akreditasi A’, UIN Bandung Library, 2020 <Diunduh pada 16 Januari 2020, dari www.uinsgd.ac.id>

Uinsgsd, ‘Transaksi Pertahun’, UIN Bandung Library Research, 2018 <Diunduh pada 16 Januari 2020, dari lib.uinsgd.ac.id>

Wahidmurni, ‘Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif’, Repository Uin Malang (Malang, 2017), pp. 1–17

Winata, Sheila Vania, ‘Perancangan Standard Operating Procedure Pada Chocolab’, Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1.1 (2016), 77–86

Zakiyah, Almuhdil karim dan evi, ‘Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Online Di Indonesia’, Jurnal Publis, 2.1 (2018), 25–32

Downloads

Published

2020-09-04

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Manajemen pelayanan perpustakaan perguruan tinggi islam. (2020). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 317-344. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.482

Similar Articles

1-10 of 31

You may also start an advanced similarity search for this article.