STRATEGI PROMOSI SMPN 5 SATU ATAP LINGGO SARI BAGANTI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910

Authors

Keywords:

Strategy, promotion, Students

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan, pada sekolah satu atap yang berstatus Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep strategi promosi  Sekolah  satu atap dalam meningkatkan jumlah siswa serta melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan promosi pendidikan di SMPN 5 satu atap Linggo Sari Baganti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektaan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Analisis data  hasil penelitian ini melalui tahap: tahap reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan pertama,  Mengidentifikasi masyarakat/ pasar sasaran, menyusun perencanaan kegiatan promosi, menentukan saluran promosi yang digunakan. Dari penjelasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi promosi yang digunakan oleh sekolah sudah efektif, serta mampu meningkatkan jumlah siswa dari tiga tahun terakhir di SMPN 5 Satap Linggo Sari Baganti. Factor pendukung dan penghambat dalam pemasaran jasa pendidikan berasal dari Interl maupun eksternal sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Rini Syevyilna Wisda, JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.IAIN KERINCI
    jur. manajemen pendidikan islam. fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan

References

Abdullah, T. dan T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo.

adri efferi. (2019). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., Vol 14, no.

Creswell J.W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. UST-Press.

E. Muliyasa. (2003). Manajemen Berbasis Pendidikan.

lupiyoadi, rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.

Moore, H. F. (2005). Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Rangkuti. (2014). Manajemen Strategi Konsep-Konsep. PT Indeks.

Ratih, alma bukhari dan hurriyati. (2008). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. ALFABETA.

Suharsimi. (2012). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.

Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

W., S. H. & S. (2013). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Usaha Nasional.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

STRATEGI PROMOSI SMPN 5 SATU ATAP LINGGO SARI BAGANTI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 173-184. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.