HOME LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ERA PANDEMI

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.660

Authors

Keywords:

Home Learning, Pandemic, Strategi Pembelajaran

Abstract

Pendidikan bagian dari kehidupan masyarakat yang sangat penting, tanpa pendidikan masyarakat sulit untuk menempuh kehidupan yang lebih maju dan lebih baik. Dilematisasi dialami oleh dunia pendidikan sangat menyulitkan, sudah satu tahun ini seluruh dunia mengalami bencana virus yang menyebabkan orang harus membatasi beberapa aktifitas tertentu, tidak terkecuali aktifitas dalam pendidikan. Di sini saya akan membicarakan dampak pandemic terhadap pendidikan, fokus pada pendidikan sekolah dasar di malang raya. Dampak dari pandemic, pendidikan di sekolah dasar mengalami hambatan yang luar biasa sehingga aktifitas yang biasa dilaksanakan terhambat dan dilaksanakan secara tidak normal. Solusi pembelajaran dengan sistem home learning menjadi sebuah pilihan demi berjalanya sistem pembelajaran secara menerus. Dengan berbagai strategi dan metode telah diterapkan sebagai langkah strategis, guna mensiasati jarak dan waktu antara guru dan murid dalam melaksanakan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi Salma Prawiradilaga, Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, Jakarta: Kencana, 2013, ISBN. 978-692-7985-13-1

Taufiq Nur Azis, Strategi Pembelajaran Era Digital, Annual Conference On Islamic Education And Social Sains (Aciedss 2019)

Natalia Ridwan, Ning Nathan, dan Yulianti Hendra, Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas. (Gramedia Pustaka Utama 2018).

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Firman, Sari Rahayu Rahman, Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020

Natalia Ridwan, Home Learning, Belajar Seru Tanpa Batas, https://www.haibunda.com/parenting/20180315142919-61-16292/mengenal-home-learning-salah-satu-metode-mendidik-anak

Review: Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas (2018) https://wennykinanthi.wordpress.com/2018/11/25/review-home-learning-belajar-seru-tanpa-batas-2018/

Tuffour, Isaac. 2017. A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications. Vol. 2 No. 4, Juli 2017. DOI: 10.4172/2472-1654.100093

Wawancara dengan Faiqotul Ahmaliya Guru MI pada 15 Februari 2021 Jam 12.30 Wib

Wawancara dengan Alif Ristiawati (Guru) pada 15 Februari 2021 jam 08.00 Wib

Wawancara dengan Fika Nurlidia (Guru) pada tanggal 16 Februari 2021 jam 08.30 Wib.

Wawancara dengan Fika Nurlidia (Guru) pada tanggal 16 Februari 2021 jam 08.30 Wib.

Wawancara Firda Ayni (Guru MI) pada 17 Februari 2021 jam 10.00 Wib

Wawancara Mudiati Istiyani (Guru MI) pada 18 Februari 2021 jam 12.10 Wib

Disarikan dari hasil Wawancara Mudiati Istiyani (Guru MI) pada 18 Februari 2021 jam 12.10 Wib

Disarikan dari Wawancara Nafiatul Mukhoiyaroh (Guru MI) pada 17 Februari 2021 jam 10.15 Wib

Disarikan dari Wawancara Nafilatul Maulida (Guru MI) pada 15 Februari 2021 jam 11.15 Wib

Downloads

Published

2020-03-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

HOME LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ERA PANDEMI. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 173-185. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.660