KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1299

Authors

Keywords:

Kepemimpinan dan Supervisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan sebagai supervisi pendidikan Islam. Tidak berjalannya program supervisi di Lembaga Pendidikan Islam akan menyebabkan guru atau tenaga pendidik tidak menyadari adanya kesalahan, kekurangan, atau kesulitan dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat studi pustaka (library reseach). Hasil dari penelitian ini bahwa kepemimpinan (kepala sekolah) memiliki peran yang supervisi dalam bentuk evaluasi untuk mengetahui kemampuan guru, sehingga program supervisi dapat menyesuaikan kebutuhan guru. Sehingga tugas kepala sekolah sebagai supervisor memerlukan kepandaian dan ketelitian kepala sekolah dalam menentukan mana yang baik sesuai dengan visi dan misi sekolah agar semakin maju. Kepemimpinan pendidikan pada hakekatnya adalah aktor yang bertanggung jawab terhadap suatu rencana yang kemudian diaplikasikan di sebuah organisasi atau lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan faktor utama dalam proses pendidikan dan output dari pendidikan dapat dikatakan baik dan efektif. Berkembangnya sebuah sekolah atau lembaga pendidikan yang menghasilkan output yang bagus, kinerja guru yang professional, serta prestasi sekolah atau lembaga pendidikan yang membanggakan tentu tidak terlepas dari peran supervisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adair, J. (2010). Kepemimpinan Muhammad. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Binti, M. (2009a). Supervisi Pendidikan Islam: Teori & Praktek. Teras.

Binti, M. (2009b). Supervisi Pendidikan Islam.pdf (p. 324).

Iskandar, M. &. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Gaung Persada Press.

Jasmani & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Ar-Ruzz Media.

Luthfita, I. Z. (2016). Kepemimpinan : Pengembangan Organisasi , Team Building Dan Perilaku Inovatif (Studi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di MA Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang). Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 4(1), 92–106.

Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan. Prenada Media Group.

Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala sekolah Professional. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Prasojo, Lantip Diat., S. (2015). Supervisi Pendidikan. Gava.

Purwanto, M. N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Cetakan XIX. Rosdakarya.

Robbins, Stephen & Judge, T. (2015). Perilaku Organisasi (16th ed.). Salemba Empat.

Roihana, A., Hanif, H. M., & Mohammad, D. (2022). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 7 Nomor 5 Tahun 2022 P-ISSN: 2087-0678X. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1991), 1.

Rusdiana, H., Moh Ali Ramdhani, P. H., & Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, M. (2014). Penerbit CV Pustaka Setia Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/8788/1/Buku Manajemen Operasi.pdf

Rusdiana, J. J. dan. (2020). Buku Kepemimpinan Pendidikan 2020.pdf.

Sohiron. (2015). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Kreasi Edukasi.

Stoner, A. F. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susetya, W. (2007). Kepemimpinan Jawa. Narasi.

Tadjudin, T. (2013). Pengawasan dalam Manajemen Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.195-204

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM. (2022). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 107-123. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1299

Similar Articles

41-50 of 57

You may also start an advanced similarity search for this article.