ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB WADZA`IF AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i2.967

Authors

  • Much. Maftuhul Fahmi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly al-Hikam Malang
  • Rahmatullah Rahmatullah Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly al-Hikam Malang

Keywords:

Nilai Karakter Pendidikan, Kitab Wadza`if al-Muta'allim, Pendidikan Islam

Abstract

This study attempts to analyze the relevance of the values of the book Wadza`if al-Muta'allim by KH. Zainal Abidin Munawwir with material on Islamic Religious Education in Indonesia based on Permendikbud no. 37 of 2018. This type of research is library research with a descriptive qualitative approach and uses content analysis techniques. The results showed: first, it was found that there were 3 (three) parts of the values of character education in the book of Wadza`if al-Muta'allim, namely: wadza`if al-muta'allim at-tholab era, adab al-muta'allim ma'a ustadzih, and wadza`if al-muta'allim wa a'maluhu waqta talaqqi ad-dirasah. Second, the researcher also found 4 (four) categories of relevance of character education values in the Wadza`if al-Muta'allim Book with Islamic religious education materials at the junior and senior high school levels as stipulated in the Minister of Education and Culture Regulation No. 37 of 2018, covering: Fiqh, Akidah Akhlak, Al-Qur'an Hadith, and Islamic History.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur`an al-Karim.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal al-Ulum (2013).

Aliyyah. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Kitab Bidayat al-Hidayah serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia.” Tesis. Surabaya: Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

Barnawi, Arifin, M. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Fitriyah, Lailatin Nurul. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kitab Nasha’ihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani dan relevansinya dengan materi PAI berdasarkan Permendikbud No. 68 Tahun 2013. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2016).

Majid, Abdul & Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Munawwir, Zainal Abidin. Wadza’if al-Muta’allim. Yogyakarta: Maktabah al-Munawwir, 1963.

Oviyanti, Fitri. “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global”. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2013).

Rizki, Lailatus. Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim terhadap Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2015).

Suryadi, Bambang. “Pendidikan Karakter: Solusi Mengatasi Krisis Moral Bangsa.” Jurnal Nizham 4, no. 2 (2015).

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Rosdakarya, 2013.

The Fund for Piece (FFP). Indeks Negara Gagal (Failed States Index). Lembaga riset internasional, di Washington DC, Amerika Serikat, 2012.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB WADZA`IF AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2022). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 115-133. https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i2.967