UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang)
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.148Keywords:
Guru PAI, Kemampuan Baca Al QuranAbstract
Peningkatan membaca al-Qur’an menjadi hal penting dalam dunia pendidikan. Dengan mempelajari al-Qur’an maka diharapkan tingkat spiritual anak didik meningkat, sehingga akan berdampak kepada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor anak didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya guru dalam meningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang dilakukan dengan pertama, optimalisasi pelaksanaan proses pembelajaran intra kulikuler. Kedua, optimalisasi proses pembelajaran ekstra kulikuler. Ketiga, evaluasi pembelajaran. Kempat, penambahan sarana dan prasarana. Kelima, Peningkatan kualitas Guru.
Downloads
References
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Nata, Abuddin, Tafsir Ayat – Ayat Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Nurgiantoro, Burhan, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: UGM Perss, 2005.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Rusydi Suwaid, Aiman, Al-Quranul Qarim dan Ilmu Tajwid, Sukoharjo: Zamzam, 2017.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Biru, 1889.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja, 2005.
Syaifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al - Qur’an, Jakarta: 2004.
Surya, Muhammmad, Percikan Perjuangan Guru, Semarang: Aneka Ilmu, 2001.
Undang – Undang SISDIKNAS 2005 UU. RI no. 14 th 2005, Jakarta: Smar Grafika, 2005.
Usman, Uzer dan Lilies Setiawati, Menjadi Guru Profesional, Bandung:Remaja Rosdikarya, 2005.
Zuhdi, Masiuk, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: 1997.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Kamilus Zaman, PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KEMAJEMUKAN , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Umi Salamah, PENGAJARAN MENGGUNAKAN METODE KAISA DALAM MENGHAFAL AL QURAN PADA ANAK , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Abdul Gafur, PEMIKIRAN ABDULLLAH SAEED TENTANG ISLAM PROGRESIF , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Wildan Kamalludin, Ganjar Muhammad Ganeswara, Fahrudin -, INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- Mutasim Billah, PENDEKATAN BAHASA DALAM TEORI BATAS MUHAMMAD SYAHRUR , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , Ta'Limuna: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Misbahul Munir, Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 – 12 Tahun , Ta'Limuna: Vol. 6 No. 1 (2017): edisi Maret
- Rahmatullah Rahmatullah, LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 , Ta'Limuna: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Ahmad Fahrul Misbah, PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY'ARI , Ta'Limuna: Vol. 12 No. 1 (2023): Maret 2023
You may also start an advanced similarity search for this article.