PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN

MIFTACHUL ULUM(1*),

(1) INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran kiai sebagai penjaga keutuhan , konsistensi pendiriannya, watak dan ideologi kyai menyatu dengan kelembagaan pesantren, maka dalam pesantren konsistensi dan petuah dari seorang pengasuh menjadi sumber pengambilan keputusan. Pengasuh menjadi sumber dan magnet bagi santri untuk selalu patuh dan tunduk dalam kehidupan dilingkungan pondok pesantren. Santri hidup dan berkembang menjadi bernilai karena telah ditempa dengan kegiatan dan lingkungan yang terpatri dalam jiwa santri. Terbentuknya kultur khas pesantren inilah yang membedakannya dengan sistem pendidikan di luar pesantren yang meliputi nilai keikhlasan, nilai kesederhanaan, nilai kemandirian, nilai persaudaraan yang dilandasi oleh semangat agama dan nilai kebebasan. Santri melakukan kegiatan dari bangun tidur dipagi hari sampai menjelang akan tidur, santri telah ditempa dengan aktifitas yang selalui bernilai sehingga karakter santri atau siswa pun terbentuk. Pendidikan karakter merupakan penanaman kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan, sehingga seseorang memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan secara terintegrasi dalam setiap keseharian, baik melalui pembelajaran dikelas maupun dilingkungan luar kelas, maka hanya di pondok pesantren kegiatan tersebut lebih mudah untuk dilaksanakan, dimana siswa atau santri dapat terkontrol dengan lingkungan yang telah terbentuk

Full Text:

PDF

References


Asrofi, Muhammad. Peran pondok pesantren fadlun minalloh dalam menanamkan pendidikan karakter santri di wonokromo pleret bantul. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Sunan Kalijogo, 2013.

Departemen Agama RI. al-Quran Mushaf dan al-Quran Terjemah. Jakarta: Al Huda, 2005.

Endang Mulyatiningsih. Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa (n.d.): 118.

Fahham, A Muchaddam. Character Education in Islamic Boarding School. Aspirasi 4, no. 1 (2013): 2945.

Hamka. Pribadi. 10 ed. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Hasyim Asy"ari. ?dabul ?lim wal-Mutaallim. Jombang: Maktabah Turats Islamiy, n.d.

Kamin Sumardi. Portrait of character education in salafiah boarding school. Jurnal Pendidikan Karakter 2, no. 3 (2012): 280292.

M. Dawam Rahardjo. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M, 1985.

M. Syaifuddien Zuhriy. Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Walisongo 19, no. 2 (2011): 287310.

Mangun Budiyanto, Imam Machali. Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 2 (2014): 108122.

Miftachul Ulum. Eksistensi Pendidikan Pesantren : Kritik Terhadap Kapitalisasi Pendidikan. TA?LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 2037.

. Risiko Bisnis Dalam Pandangan Syariah. Jurnal Ummul Quro VIII, no. 2 (2016): 1125.

Ratna Megawangi. Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI, 2007.

Riris Nur Rohmawati. Hubungan Antara Faktor Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Kejadian Skabies Di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Surabaya: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Ruyadi, Yadi, dan M Si. Model Pendidikan karakter nerbasis Kearifan budaya lokal ( Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah ). In Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, 576594. Bandung, 2010.

Towaf, Siti Malikhah. Pendidikan karakter pada matapelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 1 (2014): 7585.

Walid, Muhammad. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Agama Islam (Studi Tentang Pendidikan Karakter Berbasis Ulul albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Jurnal eL-Qudwah 1, no. 5 (2011): 115156.

Wardani, Kristi, Kata Kunci: Guru, Pendidikan Karakter, Konsep Pendidikan, dan Ki Hadjar Dewantara. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, no. November (2010): 810.


Article metrics

Abstract views : 313 | views : 162


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 journal EVALUASI