ANALISIS HADIST METODE-METODE DALAM PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN RASULULLAH SAW

Authors

  • roihatul jannah STAIMA AL HIKAM MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/tx463w59

Abstract

Tujuan hadis ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kandungan hadis metodologi pembelajaran dan pendidikan Rasulullah SAW dengan penelitian kepustakaan. Data kualitas hadis dan perawi dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, digunakan metode pengumpulan data dokumentasi melalui buku dan jurnal periwayat hadis.

Secara parsial maka diperoleh analisis bahwa: 1) Semua periwayat yang ada dalam sanad hadits yang ada, memenuhi syarat sepenuhnya tsiqah. 2) Semua periwayat masing-masing bertemu dengan periwayat yang berstatus sebagai gurunya, kaitan sanadnya muttasil. 3) Matan hadis tersebut tidak shadh, karena tidak bertentangan dengan dalil naqli, baik al-Qur’an maupun hadis yang berkualitas sanadnya lebih tinggi. 4) Matan hadits tersebut juga tidak terkena illat, karena tidak bertentangan dengan dalil aqli, baik dengan akal yang sehat, indera maupun ilmu pengetahuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hadits Riwayat Ibnu Mas’ud yang di takhrij oleh al-Bukhari tersebut, burkualitas sahih. 

Secara analisis kandungan hadis metodologi pembelajaran dan pendidikan Rasulullah SAW membahas mengenai beberapa pembahasan yaitu untuk memaksimalkan suatu amal sholih dibutuhkan konsistensi dalam berproses, adakalanya ada kebosanan dalam melakukan amal tersebutn, maka dari itu dibutuhkan metode pembelajaran seperti Rasulullah yaitu memilih waktu yang tepat untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan sanggupan murid-murid.

Kata kunci: Hadis, Sahih, Al-Bukhari, Metode-Metode, Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

ANALISIS HADIST METODE-METODE DALAM PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN RASULULLAH SAW. (2024). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(1), 37-54. https://doi.org/10.32478/tx463w59