MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Al-Rosyid Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1529

Authors

  • Arika Oernika Mahanani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sulistyorini Sulistyorini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Kehidupan manusia telah memasuki era globalisasi, era dimana lembaga pendidikan Islam dihadapkan dengan berbagai tantangan yang krusial, oleh karenanya lembaga pendidikan Islam sejatinya memerlukan inovasi-inovasi baru agar dapat menyiapkan kualitas sumber daya manusia yang handal sekaligus tanggap dalam menghadapi tantangan tersebut dengan langkah yang cerdas dan inovatif, salah satunnya yaitu melalui pengembangan kurikulum. Artikel ini dikaji dengan tujuan untuk mendeskripsikan terkait model manajemen kurikulum terpadu dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah, khususnya madrasah yang berada dibawah naungan pondok pesantren. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Rosyid Bojonegoro dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis studi kasus, tehnik pngumpulan datanya yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan pengujian transferability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mencapai mutu pendidikan madrasah di era zaman yang semakin berkembang ini, MA Al-Rosyid Bojonegoro menerapkan model kurikulum terpadu antara kurikulum kementrian Agama dengan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI), yang mana dalam pengimplementasiannya lembaga tersebut menfokuskan pada tiga tahapan fungsi manajemen, meliputi; pertama, perencanaan kurikulum KMI; kedua, pelaksanaan kurikulum KMI; dan ketiga, evaluasi kurikulum KMI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, A. Z. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Alfabeta.

Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Theoritis dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 1(2), 328.

Nawali, A. K. (2018). Dampak Penerapan Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum Pesantren terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI di MAN Yogyakarta I. Al-Ikhtibar (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1), 556.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016).

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.93

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. UIN Maliki Malang Repository.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-10-10

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Al-Rosyid Bojonegoro. (2023). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 165-179. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1529