BIMBINGAN BAKAT DAN MINAT SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/t0hnym68

Authors

  • Jodang Setia Adi Anista STAIMa'had Aly Al-Hikam Malang
  • Ulvia Mei Ningsih STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Muhammad Dawam STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Ainnaulmardiyah STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Abstract

Abstract

This service aims to increase students' talents and interests in various series of activities. Our mentoring focuses on qiro'ah and banjari. The service method used is the accelerated learning method, this method is used to improve the talents of students through accelerated mentoring considering the short time required to carry out service at the Nurul Ittihad Islamic Boarding School, Malang City. The results of the service show that through mentoring activities provided to students, they can improve their skills through interests and talents. The mentoring process that has been carried out for some time can result in the students having the ability in qiro'ah and banjari activities, all of which are activities that are always needed in Islamic boarding school life.

Keywords: guidance, talents, interests, students

 

Abstrak

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan bakat dan minat santri dalam berbagai rangkaian kegiatan. Pendampingan kita fokus kepada qiro’ah dan banjari. Motode pengabdian yang digunakan adalah metode akselarasi learning, metode ini digunakan untuk meningkatkan bakat santri melalui pendampingan akselerasi dengan pertimbangan waktu yang tidak panjang dalam melakukan pengabdian di Pondok Pesantren Nurul Ittihad Kota Malang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pendampingan yang diberikan kepada santri dapat meningkatkan kamampuan keterampilan melalui minat dan bakat. Proses pendampingan yang dilakukan beberapa waktu ini dapat memberikan hasil bahwa santri memiliki kemampuan dalam kegiatan qiro’ah dan banjari, yang kesemuanya merupakan kegiatan yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan pesantren.

Kata Kunci: bimbingan, bakat, minat, santri

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Jodang Setia Adi Anista, STAIMa'had Aly Al-Hikam Malang
    eko syariah

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

BIMBINGAN BAKAT DAN MINAT SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG. (2023). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 83-90. https://doi.org/10.32478/t0hnym68