Implementasi Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Ilmu Hadis Berbasis Kurikulum 2013

Authors

  • Rosidin Rosidin STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Choirur Rizky Trisna Putri STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Abstract

Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 diorientasikan pada penguasaan keterampilan Abad 21, terutama keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration). Implikasinya, guru dituntut menerapkan model pembelajaran kekinian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran Abad 21. Discovery Learning adalah salah satu model pembelajaran kekinian yang memenuhi standar Kurikulum 2013 dan keterampilan Abad 21, sehingga relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Artikel ini mengetengahkan kilasan teori model Discovery Learning, disertai dengan alternatif implementasinya dalam pembelajaran Ilmu Hadis di Kelas X Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MA-PK) melalui 7 sintaks, yaitu: Sintaks 1: Stimulasi; Sintaks 2: Pernyataan atau Identifikasi Masalah (dan rumusan Hipotesis). Sintaks 3: Pengumpulan Data. Sintaks 4: Pengolahan Data. Sintaks 5: Pembuktian. Sintaks 6: Simpulan dan Generalisasi. Sintaks 7: Review dan Evaluasi. Sintaks 1 dan 7 dilaksanakan oleh pendidik, sedangkan sintaks 2-6 dilaksanakan oleh peserta didik. Temuan artikel ini dapat diduplikasi maupun diadaptasi oleh pendidik (guru, dosen, ustadz) dalam pembelajaran PAI, dengan memenuhi standar 7 (tujuh) sintaks model Discovery Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Rosidin Rosidin, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
    Islamic Education

References

Anhar, B. (2020). Ilmu Hadis Kelas X MA Peminatan Keagamaan . Jakarta : Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran yang Disarankan untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21. Peran Teknologi Pendidikan dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 551-563). Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Rosidin, dkk. (2021). Buku Panduan Pembelajaran Ilmu Hadis: Madrasah Aliyah Program Keagamaan. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI.

Rusman, Y. A. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23.

Wijdan, F. (2015, September 3 ). Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK): Makhluk Apakah Itu? Retrieved from nu.or.id: https://nu.or.id/opini/madrasah-aliyah-program-khusus-mapk-makhluk-apakah-itu-vTn0J

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Ilmu Hadis Berbasis Kurikulum 2013. (2021). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 1(1). https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/32-40