BIAYA MUTU PENDIDIKAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.162

Authors

Abstract

Biaya mutu (kualitas) merupakan kajian dalam perusahaan yang konsen pada bidang bisnis, tetapi kemudian instansi yang menawarkan jasa mengadopsi beberapa manajemen yang sudah lama dipakai pada produk barang dan termasuk salah satunya adalah biaya mutu. Pendidikan merupakan golongan perusahaan/instansi yang menawarkan jasa, maka lembaga pendidikan adalah salah satu instansi yang perlu mengadopsi hal-hal terkait strategi pengelolaan pada perusahaan/instansi produk barang, tetapi pelaksanaannya harus disesuaikan dengan bidang pendidikan itu sendiri. Biaya mutu dilakukan dengan tujuan untuk mencapai penataan dan pengelolaan instansi secara baik yang disesuaikan dengan manajemennya agar terpenuhinya kepuasan konsumen/pelanggan (baik pelanggan internal maupun eksternal).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, Jerome S. 2006. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Penerjemah Yosal Iriantara, Judul Asli Quality in Education: An Implementation Handbook. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Edward, Blocher J. Kung H. Chen, Thomas W. Lin. 2000. Manajemen Biaya, Terjemahan Susty Ambarriani. Jakarta: Salemba Empat.

Hariadi, Bambang. Akuntansi Manajemen: Suatu Sudut Pandang, (Yogyakarta: BPFE, 2002).

Hoesin, Haslizen. Strategi Biaya Mutu Pendidikan (http://lizenhs.wordpress.com/2008/11/21/strategi-biaya-mutu-pendidikan/).

Ilyasin, Mukhamad dan Nanik Nurhayati. 2012. Manajemen Pendidikan Islam : Konstruksi Teoritis dan Praktis. Malang: Aditya Madia Publishing.

Munro-Faure, Lesley dan Malcolm Munro-Faire. 1999. Implementing Total Quality Management (Menerapkan Manajemen Mutu Terpadu, alih bahasa Sulasno Tjiptowardojo. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 kiat membangun bisnis kompetitif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sallis, Edward. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Judul Asli Total Quality Management in Education Alih Bahasa oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Jogjakarta: IRCiSoD.

Siswanto, H.B. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management (TQM)-Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2018-09-04

How to Cite

BIAYA MUTU PENDIDIKAN. (2018). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 469-481. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.162