PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDADOGIK GURU DI TKS BUSTANUDDIN GALIS PAMEKASAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/m97gwn38

Authors

  • Yunita Kumala Sari IAIN Madura -  Indonesia
  • Ach Zahri N.A IAIN Madura -  Indonesia
  • Ali Nurhadi IAIN Madura -  Indonesia

Keywords:

Pelaksanaan, Supervisi, Pedadogis

Abstract

Supervisi dalam dunia Pendidikan khususnya pada Lembaga Pendidikan sangat perlu dilakukan, karena sebagai bentuk pembinaan dan juga pengawasan kepada guru dalam system pembelajarannya yang ada di kelas. sorang pendidik yang ada di Lembaga Pendidikan memerlukan sebuah pengembangan terhadap system pembelajaran yang digunakan. Sehingga adanya supervisi kepala sekolah disini mampu menjadi sebuah tolak ukur serta bahan evaluasi bagi guru. Dalam penelitian ini, peneliti mengaplikasikan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan temuan terkait pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedadogis guru yakni kepala sekolah selain memberikan sebuah penilaian dan pengawasan kepala sekolah juga memberikan sebuah pembinaan, bimbingan dan juga motivasi kepada guru sebagai bentuk peningkatan kompetensi yang dimikili guru. Faktor pendukung dan juga hasil pelaksanaan yaitu dengan adanya Kerjasama antara kepala sekolah dengan guru dan juga membangun komonikasi yang efektif, Dengan demikian, kepala sekolah dapat memberikan bimbingan serta motivasi kepada para guru. Namun dalam pelaksanaanya juga terdapat hasil dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah yaitu sudah memiliki keprofesionalan tinggi dan juga sudah memiliki kompetensi yang berkembang sehingga dalam kegiatan sistem pembelajarannya sudah menerapkan kegiatan belajar yang efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyunita, N. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.201

Fitri, F. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415

Hakim, A. R., Hasra, Alim, M., Norizal, T., & Warman. (2024). MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), Article 3. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/932

Ilham, M. W. (2017). SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.37

ja’far, ja’far. (2019). INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 74–103. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.215

Kristiawan, M., & Fitria, H. (2019). SUPERVISI PENDIDIKAN.

Marpaung, M. (2024). Kompetensi Pedagogi Guru Pada Abad 21. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), Article 2.

Megawati, M., Syamsir, S., & Firdaus, F. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU. Jurnal Al-Ilmi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.536

D. J. S. J. L. (n.d.). SUPERVISI & EVALUASI PENDIDIKAN. Kubuku. Retrieved September 5, 2024, from https://kubuku.id/detail/supervisi---evaluasi-pendidikan/71781

Muntaha, M. (2022). PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL OLEH PENGAWAS MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.411

Rahmi, A. (2021). HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 0, Article 0. https://doi.org/10.31602/piuk.v0i0.4740

Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 490–497. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.57

Shaifudin, A. (2020). SUPERVISI PENDIDIKAN. EL WAHDAH, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35888/elwahdah.v1i2.4158

Sunaedi, A., & Rudji, H. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 3(02), Article 02. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4052

Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022a). SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEBAGAI DETERMINAN KINERJA GURU. Manajemen Pendidikan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261

Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791

Downloads

Published

2025-04-16

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDADOGIK GURU DI TKS BUSTANUDDIN GALIS PAMEKASAN. (2025). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.32478/m97gwn38

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.