PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDADOGIK GURU DI TKS BUSTANUDDIN GALIS PAMEKASAN
DOI:

Keywords:
Pelaksanaan, Supervisi, PedadogisAbstract
Supervisi dalam dunia Pendidikan khususnya pada Lembaga Pendidikan sangat perlu dilakukan, karena sebagai bentuk pembinaan dan juga pengawasan kepada guru dalam system pembelajarannya yang ada di kelas. sorang pendidik yang ada di Lembaga Pendidikan memerlukan sebuah pengembangan terhadap system pembelajaran yang digunakan. Sehingga adanya supervisi kepala sekolah disini mampu menjadi sebuah tolak ukur serta bahan evaluasi bagi guru. Dalam penelitian ini, peneliti mengaplikasikan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan temuan terkait pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedadogis guru yakni kepala sekolah selain memberikan sebuah penilaian dan pengawasan kepala sekolah juga memberikan sebuah pembinaan, bimbingan dan juga motivasi kepada guru sebagai bentuk peningkatan kompetensi yang dimikili guru. Faktor pendukung dan juga hasil pelaksanaan yaitu dengan adanya Kerjasama antara kepala sekolah dengan guru dan juga membangun komonikasi yang efektif, Dengan demikian, kepala sekolah dapat memberikan bimbingan serta motivasi kepada para guru. Namun dalam pelaksanaanya juga terdapat hasil dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah yaitu sudah memiliki keprofesionalan tinggi dan juga sudah memiliki kompetensi yang berkembang sehingga dalam kegiatan sistem pembelajarannya sudah menerapkan kegiatan belajar yang efektif
Downloads
References
Ariyunita, N. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.201
Fitri, F. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415
Hakim, A. R., Hasra, Alim, M., Norizal, T., & Warman. (2024). MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), Article 3. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/932
Ilham, M. W. (2017). SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.37
ja’far, ja’far. (2019). INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 74–103. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.215
Kristiawan, M., & Fitria, H. (2019). SUPERVISI PENDIDIKAN.
Marpaung, M. (2024). Kompetensi Pedagogi Guru Pada Abad 21. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), Article 2.
Megawati, M., Syamsir, S., & Firdaus, F. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU. Jurnal Al-Ilmi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.536
D. J. S. J. L. (n.d.). SUPERVISI & EVALUASI PENDIDIKAN. Kubuku. Retrieved September 5, 2024, from https://kubuku.id/detail/supervisi---evaluasi-pendidikan/71781
Muntaha, M. (2022). PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL OLEH PENGAWAS MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI MTS WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.411
Rahmi, A. (2021). HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 0, Article 0. https://doi.org/10.31602/piuk.v0i0.4740
Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 490–497. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.57
Shaifudin, A. (2020). SUPERVISI PENDIDIKAN. EL WAHDAH, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35888/elwahdah.v1i2.4158
Sunaedi, A., & Rudji, H. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 3(02), Article 02. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4052
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022a). SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEBAGAI DETERMINAN KINERJA GURU. Manajemen Pendidikan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261
Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yunita Kumala Sari, Ach Zahri N.A, Ali Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Fitratul Isma, Lailatul Munawwaroh, IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH (STUDI KASUS DI MI MAARIF GONDOSULI MUNTILAN) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Ma'ruf, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Mochamad Nurcholiq, SUPERVISI KLINIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Irwan Fathurrochman, Siswanto Siswanto, Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Syaiful Bahri, Muhammad Amin, PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN ARSIP PERKANTORAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Umi Salamah, PENJAMINAN MUTU PENILAIAN PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- - Romdloni, PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- ali nurhadi, Dewi Ulandari, MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QULUB POLAGAN PAMEKASAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Mahfida Inayati, Mulyadi Mulyadi, Ali Nurhadi, ANALISIS PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN MELALUI MANAJEMEN HUMAS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September