PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ATTARAQQIE MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1138

Authors

Abstract

Abstrak

Variasi mengajar adalah kegiatan guru dalam rangka proses interaksi belajar mengajar yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam situasi belajar mengajar siswa selalu menunjukkan ketekunan, semangat, dan partisipasi penuh. Mengajar adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasikan lingkungan sekitar anak. Siswa, sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong siswa untuk melakukan proses pembelajaran. Keterampilan dalam melaksanakan variasi proses belajar mengajar akan mencakup tiga aspek, yaitu variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan ajar, variasi interaksi antara guru dan siswa. Pengembangan variasi pengajaran sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar. Komponen variasi mengajar seperti variasi gaya mengajar, variasi media, dan bahan ajar serta variasi interaksi, mutlak dikuasai oleh guru guna merangsang belajar siswa dalam waktu yang relatif lama dalam satu pertemuan kelas. Variasi dalam mengajar juga memegang peranan yang sangat penting dalam mengatasi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran

Kata Kunci: Variasi, Maengajar, Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin. 2016. Evaluasi pembelajaran Prinsip teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja RosdakaryaProsedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SLL). Malang: UMM. Johnson. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstul. Jakarta: Prenadamedia.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghoni, M. Djunaidi, Fauzan Almansyur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jokjakarta: Ar-RuzzMedia.

Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saptadi, Heri. 2012. “Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling”, Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 1. No. 2 November.

Sari, Duwi Ajeng Intan. 2020.“Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievements Divisions (SDAT) dan Mdel Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Mata Pelajaran Dsar Desain Grafis di SMK Negeri 5 Malang”. Skripsi.

Setiawan, Eko. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Ai-qur’an Melalui Metode Albana pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Al-MudarrisJournal of Education. Vol.1. No. 2 Oktober.

Silalahi, Gabriel Amin. 2003. Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV. Citra Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susianti, Cucu. 2016. “Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini”. Tunas Siliwangi: Jurnal Progam Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2. No. 1 April.

Sutikno, M. Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaripuddin. 2019. Sukses Mengajar di Abad 21. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ATTARAQQIE MALANG. (2022). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 330-344. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1138