HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.84Keywords:
Hak Asasi Manusia, Pendidikan Islam.Abstract
Hak asasi manusia dalam menegakan HAM di Indonesia sebenarnya sudah disinggung oleh para founding father Indonesia dalam merumuskan naskah Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia 1945. Dalam perspektif pendidikan islam sendiri hak asasi manusia memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan menanamkan nilai-nilai toleransi pada masyarakat sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan menghormati hak-hak oranglain. Islam dan Hak Asasi Manusia saling keterkaitan, karena Islam sangat peduli terhadap masalah hak asasi manusia, dan memberikan jaminanterhadap pelanggaran-pelanggaran yang menyangkut masalah hak asasimanusia.
Downloads
References
Azra, Azyumardi. 1996.Pembaharuan Pendidikan Islam, dalam Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Amisco
Dahlan, Abdul Azis. 1996.Ensiklopedi Hukum Islam, Ichtiar Baru van Hove, Jakarta
Ghofur, Abdul. 2002.Demokratisasi Dan Prospek Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khaliq, Farid Abdul. 2005.Fiqih Politik Islam, terjemah Faturrahman A. Hamid, Jakarta: Amzah
Kosasih, Ahmad. 2003.HAM Dalam Perspektif Islam, Menyingkap Persamaan dan Perbedaan antara Islam & Barat, Jakarta: Salemba Diniyah
Madjid,Nurcholish. 2003.Islam Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi danVisi Baru Islam Indonesia, Cet. 2, Jakarta: Paramadina.
Mulkhan, Abdul Munir “Humanisasi Pendidikan Islamâ€, dalam Hamami Zada, et. Jurnal Tashwirul Afkar edisi no. 11 tahun 2001
Nasution, Harun dan Effendy, Bahtiar. 1995.Hak Asasi Manusia dalam Islam, Cet.2 Jakarta: Pustaka Firdaus
Rahim, Husni. 2001.Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos
Shihab, M.Quraish. 2002.Tafisr Al-Mishbah Pesan Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentara Hati
Tim Penyusun Kamus Departemen Pendidikan Nasional. 2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ubaedillah, A. dan Rozak, Abdul. 2007.Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani, Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah
Wahid, Abdurrahman. 2006.Islamku Islam Anda Islam Kita, Jakarta: The Wahid Institute
Zuhairini, dkk. 1995.Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- ARI DWI WIDODO, MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Zainul Arifin, STUDI EVALUATIF TENTANG KEBERADAAN SEKOLAH PROGRAM BAKAT ISTIMEWA DI MTsN MALANG III BERDASARKAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT SMP/MTS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Ja'far Ja'far, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA GLOBALISASI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Umi Salamah, PENJAMINAN MUTU PENILAIAN PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- setiawan setiawan, Lailatul Qodariyah, Pengembangan Manajemen Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pendidikan di STAIMA Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.