PENDAMPINGAN LITERASI PADA SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/n91t5s05

Authors

  • Mutamakin Mutamakin STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Abdul Rahman STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Ani Vissa Mawati STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Abstract

Abstract

Mastery of literacy is a prerequisite and main key to improve the scientific achievements of the younger generation. One of the scopes of the Community Service Program is support for teachers in learning in all subjects especially in literacy learning. This literacy program provides an opportunity for students who have an interest in education to participate in teaching and deepen their knowledge by becoming partners with teachers to innovate in literacy learning. This literacy learning innovation was implemented by the Nurul Ittihad Islamic Boarding School in Malang. This innovation can provide a new atmosphere for elementary school students so that it can improve students' literacy mastery, through a culture of literacy from an early age. The indicator of success achieved by this program is the formation of literate students who love reading, writing, arithmetic, telling stories, and speaking to become someone who is knowledgeable and at the same time has noble character.

 

Keywords: Santri, Literacy, Reading-Writing-Counting

 

Abstrak

Penguasaan literasi merupakan prasyarat dan kunci utama untuk meningkatkan prestasi keilmuan generasi muda. Salah satu ruang lingkup Program pengambdian Masyarakat adalah dukungan kepada guru dalam pembelajaran di semua mata pelajaran baik yang dilakukan dari rumah atau tatap muka di sekolah, khususnya dalam pembelajaran literasi. Program literasi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran literasi. Inovasi pembelajaran literasi ini yang dilaksanakan Pondok Pesantren Nurul Ittihad Malang. Inovasi tersebut dapat memberikan suasana baru terhadap peserta didik sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan penguasaan literasi peserta didik, melalui budaya literasi sejak dini. Indikator keberhasilan yang dicapai dari program ini adalah terbentuknya santri literat yang cinta membaca, menulis, berhitung,  bercerita, berbicara  untuk kemudian menjadi seseorang yang berpengetahuan luas dan sekaligus berbudi pekerti yang luhur. 

 

Kata kunci: Santri, Literasi, Baca-Tulis-Hitung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021), Pembelajaran Literasi: Stategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis, Jakarta: Bumi Aksara.

Aisyah, H. (2021). Pengembangan instrumen penilaian literasi numerasi dengan memasukkan konteks Islam (Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Buzan, Tony. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Han, W., Susanto, D., Dewayani, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rizka, Nurul Arumsari. (2017). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal MKMI, Vol.2 No. 1.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

PENDAMPINGAN LITERASI PADA SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN NURUL ITTIHAD KOTA MALANG. (2023). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 55-63. https://doi.org/10.32478/n91t5s05