Pendampingan Sistem Pemasaran Berbasis Online pada Produk Batik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulya Abadi di Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo

DOI:

https://doi.org/10.32478/tab19n64

Authors

  • Krisna Suryanti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi -  Indonesia
  • Latifah Aisyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi -  Indonesia
  • Putri Rizky Ramadhani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi -  Indonesia

Keywords:

Marketing, BUMDes, E-commerce, Batik

Abstract

Abstract

The Mulya Abadi Village-Owned Enterprise (BUMDes) which is engaged in batik marking business activities known as Batik Tirta Mulya is a business activity that has prospects from a social and economic perspective. However, so far BUMDes Mulya Abadi products are still marketed or sold only to local residents, even though by utilizing technological developments, the sales system can be carried out online as a promotional medium, with the hope that the marketing segment will not only be local, but can reach the national level. and even international. The aim of this community service is to provide knowledge and skills to BUMDes management staff through the use of e-commerce technology to expand product sales marketing. The results obtained from this service are in the form of an e-commerce website, which can reach wider marketing and it is hoped that product sales will increase. Apart from that, consumers can also save time, costs and energy and make it easier to make transactions or get to know Batik Tirta Mulya even though they don’t come to Dusun Tirta Mulya.

Keywords: Marketing, BUMDes, E-commerce, Batik.

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulya Abadi yang bergerak dalam kegiatan usaha penandaan batik yang dikenal dengan nama Batik Tirta Mulya merupakan kegiatan usaha yang mempunyai prospek dari segi sosial maupun ekonomi. Namun, selama ini produk-produk BUMDes Mulya Abadi masih dipasarkan atau dijual hanya kepada warga sekitar, padahal dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, sistem penjualan dapat dilakukan berbasis online sebagai media promosinya, yang diharapkan segmen pemasarannya tidak hanya bersifat lokal, namun dapat menjangkau hingga tingkat nasional dan bahkan internasional. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada perangkat pengelola BUMDes melalui pemanfaatan teknologi e-commerce untuk memperluas pemasaran penjualan produk. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini berupa website e-commerce, yang dapat menjangkau pemasaran menjadi lebih luas dan diharapkan penjualan produk semakin meningkat. Selain itu, konsumen juga dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga serta memudahkan dalam bertransaksi atau mengenal Batik Tirta Mulya meskipun tidak datang ke Dusun Tirta Mulya.

Kata Kunci: Pemasaran, BUMDes, E-commerce, Batik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman, D. 2015. Keanekaragman Motif Batik jambi. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/keanekaragaman-motif-batik-jambi/ diakses tanggal 31 Agustus 2022.

Badan Usaha Milik Desa/Dusun Tirta Mulya. 2020. Rencana Pengembangan Usaha (Business Plan) Usaha Pengelolaan Batik Badan Usaha Milik Desa “Mulya abadi”. Bungo: Artikel tidak diterbitkan.

Hendriyani, C. dkk. 2020. Analysis of WhatsApp Business Usage in Encouraging Sales and Costumer Engagement at PT Saung Angklung Udjo. Jurnal AdBispreneur 5 (2): hal. 193 – 200.

Indika, DR dan Cindy Jovita. 2017. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen, Jurnal Bisnis Terapan 1 (1): hlm. 25-32.

Kamus Bahasa Indonesia Daring Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Maret 2016. Diakses tanggal 1 September 2022.

Pratama, EP. dkk. 2019. Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee di Surakarta Ditinjau dari Kualitas Layanan, Online Customer Review dan Kepercayaan, Jurnal Edunomika 3 (2): hal. 445 – 453.

Pratiwi, A dan Suranto. 2021. Model Pemasaran batik Berbasis Digital Marketing Era New Normal Covid 19 (Rafida Batik Sentra Industri Pilang Masaran Sragen), SNTIKI 13 Fakultas Sains dan Teknlogi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, E-ISSN: 2579-5406, hlm. 192 – 198.

Raditya, D. 2022. Pemetaan Sosial: Memetakan Permasalahan dan Penyelesaian. https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2022/02/22/pemetaan-sosial-memetakan-permasalahan-dan-penyelesaian/ diakses tanggal 31 Agustus 2022

Rodhiah. dkk. 2020. Entrepreneurship: Strategi Pemasaran dan Pengembangan Produk usaha Rumah Batik Setu di Tangerang Selatan, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 3 (2): hal. 521 – 528.

UNESCO. Indonesian Batik. https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian-batik-00170 diakses tanggal 1 September 2022

Universitas Buana Perjuangan Karawang. 2021. Karawang: Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-1 E-ISSN: 2798-2580 https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/1669/1287 diakses tanggal 31 Agustus 2022.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Pendampingan Sistem Pemasaran Berbasis Online pada Produk Batik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulya Abadi di Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo. (2024). Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 91-100. https://doi.org/10.32478/tab19n64