PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1624

Authors

Keywords:

kahoot, media pembelajaran, bahasa Arab

Abstract

Learning media is one of the most important parts of the teaching and learning process (PBM) because through learning media it is easier for students to understand and absorb the subject matter. Currently, technology is developing very rapidly, so it can be used as an opportunity to develop innovative and creative learning media. Diera 4.0 is experiencing changes in learning styles during the teaching and learning process (PMB). Therefore, educators are required to create a fun learning atmosphere, namely by making interesting learning media. Because learning media is very important in the learning process, whether or not the material can also be influenced by the learning media used. The Kahoot application can be used as a medium for learning Arabic to support the achievement of learning objectives. This research is a research study on learning media using the Kahoot application based on an analysis of written material with primary sources, namely journals and scientific articles to analyze technology-based learning media, namely the Kahoot application. This study uses an embedded research strategy.

Media pembelajaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses belajar mengajar (PBM), karena melalui media pembelajaran siswa lebih mudah memahami dan menyerap materi pelajaran. Saat ini teknologi berkembang sangat pesat, sehingga dapat dijadikan sebagai peluang untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Diera 4.0 mengalami perubahan gaya belajar pada saat proses belajar mengajar (PMB). Oleh karena itu pendidik dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yaitu dengan membuat media pembelajaran yang menarik. Karena media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, baik tidaknya materi juga dapat dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan. Aplikasi kahoot dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan kajian penelitian terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot berdasarkan analisis bahan tertulis dengan sumber primer yaitu jurnal dan artikel ilmiah untuk menganalisis media pembelajaran berbasis teknologi yaitu aplikasi kahoot. Dalam penelitian ini menggunakan strategi penelitian terpancang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A, and I A Muzaki. “The Effect of Cooperative Learning Engineering Make A Match on Student Achievement In Learning PAI Students of SMPN 2 West Telukjambe Karawang.” Edukasi Islami: Jurnal … (2022). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2579.

Busiri, Achmad. “Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Bahasa Arab Di Iai Sunan Kalijogo Malang.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2020): 225–240.

Hatul Lisaniyah, Fashi, and Ummidlatus Salamah. “Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital 4.0 (Kahoot Dan Socrative) Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Premiere 2, no. 2 (2020): 19–20.

Muzaki, I A, A Amirudin, and S S Rianti. “Bimbingan Konseling Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Intiqad: Jurnal Agama dan … (2022). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/10313.

Muzaki, I A, S R A Fitri, and ... “DESIGN, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION OF PAI LEARNING (Research Study at Nurul Islam Karawang Integrated Quran Elementary School).” Edukasi Islami … (2022). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/3969.

Nada, Dina Fika. “Penerapan Game Based Learning Menggunakan Platform Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” Universitas Negeri Semarang, 2020.

Nasution, Widi Harawi Rizqi. “Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Pada Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3 (2019): 894.

Purwono, Joni, Sri Yutmini, and Sri Anitah. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 2, no. 2 (2014): 127.

Sagala, A U, D D S Hutagaol, and K A Haloho. “Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” … Merdeka Belajar, no. 2010 (2021): 2.

Utami, Rina Puji. “Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran.” Jurnal Dharma Pendidikan Stkip Pgri Nganjuk 12, no. 2 (2017): 62.

Yulia Puspaningrum, Eva, and Sugiarto. “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Game.” Prosiding SNP2M UMAHA 1, no. 1 (2021): 102.


Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. (2023). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 19-31. https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1624