PENGARUH MATERI PEMBELAJARAN ADAB ISLAMI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 KARAWANG BARAT

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1744

Authors

Keywords:

Pembelajaran, Adab Islami, Perilaku Sosial

Abstract

Pendidikan Agama Islam mencakup suatu upaya untuk mendidik, mengasuh, dan melatih individu dalam hal etika dan kemampuan berpikir yang baik, baik dalam lingkungan formal maupun informal, dengan dasar pada prinsip-prinsip Islam. Salah satu topik pendidikan yang sering diperdebatkan secara serius di negara ini adalah masalah kekurangan adab. Tugas guru sebagai pendidik adalah membentuk sopan santun atau tata krama peserta didik agar menjadi baik dan sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh mempelajari materi adab Islami terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Karawang Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Berdasarkan hasil uji hipotesies menggunakan uji T mendapatkan hasil nilai sig. 0,030 < 0,05, uji korelasi sebesar 0,291, uji regresi sebesar 0,224 dan uji koefisien determinasi sebesar 0,085. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini adalah materi adab Islami berpengaruh positif, dan signifikan terhadap perilaku sosial siswa kelas IX SMP Negeri 7 Karawang Barat sebesar 8,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Amirudin, & Muzaki, I. A. (2019). Life Skill Education and it’s Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah. 26(2): 279

Amirudin, & Muzaki, I. A. (2021). Minimizing Students Boredom in Learning Islamic Cultural History Using Card Short Method at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Karawang. 20(1): 2639-2646. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.296

Hanafi. (2017). Urgensi Pendidikan Adab dalam Islam. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4, Issue 1: 59-60

Harefa, A. (2019). The Effect of Morality Development through Public Education on Junior High School Student Ethics (Case Study in North Gunungsitoli-Indonesia). Journal of Advances in Education and Philosophy Abbreviated Key Title: J Adv Educ Philos. https://doi.org/10.21276/jaep.2019.3.2.3

Musthafa, A. (2018). Akhlak Tasawuf. Pustaka Setia. 14

Nida, T. (2019). Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kota Banjarmasin. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 75. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.3009

Subli, M. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Tata Krama, Sopan Santun, dan Rasa Malu dengan Menggunakan Metode Bermain Peran. Al-Qur’an Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 1: 44

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. 7

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. 329

Taufik BK, Muhammad. (2021). Statistik Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Sahabat Alam Raflesia. 66

Taufik BK, Muhammad. (2021). Statistik Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Sahabat Alam Raflesia. 67

Downloads

Published

2023-09-17

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENGARUH MATERI PEMBELAJARAN ADAB ISLAMI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 KARAWANG BARAT. (2023). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 86-98. https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1744