ANALISIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWAH DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SENI MEMBACA AL QURAN PESERTA DIDIK DI SD UNGGULAN
Analysis Of Extracurricular Activities Of Tilawah In Developing The Art Of Reading The Quran Of Students At Sd Unggulan
DOI:
https://doi.org/10.32478/97pvx070Keywords:
Ekstrakurikuler Tilawah, Seni Membaca Al QuranAbstract
Abstract
This research is motivated by the fact that there are still many students who have difficulty in reading the Al-Quran, the lack of motivation and support from parents in reading the Al-Quran and the interest of students in participating in extracurricular recitations is still very minimal at the 'Aisyiyah Taman Harapan Curup Primary School. , even though recitations are one of the appropriate methods to overcome problems for students who cannot read the Al-Quran fluently properly and correctly according to the rules of the science of recitation. The aims of this research are: (1) To determine the implementation of extracurricular recitations to improve students' ability to read the Al-Quran at the 'Aisyiyah Taman Harapan Curup Primary School. (2) To determine students' ability to read the Al-Quran after taking part in extracurricular recitations at the 'Aisyiyah Taman Harapan Curup Primary School. This research is a descriptive qualitative case study research. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Then the data analysis technique uses data reduction, data presentation, and conclusions or verification as well as testing the credibility of the data using triangulation of sources and techniques (methods). The results of the research that we want to know are about extracurricular recitation activities in developing students' ability to read the Al-Quran and see the quality of the art of reading the Al-Quran of students who take part in extracurricular recitations at the 'Aisyiyah Taman Harapan Curup Primary School.
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak peserta didik yang memiliki kesulitan dalam membaca Al Quran, kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua dalam membaca Al Quran serta minat dari peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler tilawah ini masih sangat minim di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, padahal tilawah merupakan salah satu metode yang tepat untuk mengatasi masalah bagi peserta didik yang belum bisa membaca Al Quran dengan lancar secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui Implementasi Ekstrakurikuler tilawah untuk meningkatkan kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. (2) Untuk mengetahui kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik setelah mengikuti ekstrakurikuler tilawah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. Penelitian ini merupakan penelitian Studi Kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik (metode). Hasil penelitian yang ingin diketahui ialah tentang kegiatan ekstrakurikuler tilawah dalam pengembangan kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik dan melihat kualitas seni membaca Al Quran peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tilawah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler Tilawah; Seni Membaca Al Quran
Downloads
References
A. Ilyas Ismail, 2013. True Islam: Moral Intelektual Spiritual. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ahmad, Annuri. 2010. Panduan Tahsin Tilawah Alquran dan Ilmu Tajwid, Jakarta : Pustaka Al Kautsar
Asy‟ ar, Abdullah. (t.t) Pelajaran Tajwid. Surabaya : Apollo Lestari.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hasan Sadzili dkk, Tilawati 3 Metode Praktis Cepat Lancar Belajar Membaca Al Qur‟an Untuk TK/ TP Al-Qur‟an. Surabaya: Pesantren Nurul Falah.
Hasan, Abdurrohim et. al.. 2010. Panduan Praktis Penerapan Kurikulum Pembelajaran Al-Quran Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.
Ishak, Muhammad. 2017. Pelaksanaan Program Tilawah Alquran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an Siswa Di MAS Al Ma’sum Stabat”, Edu Riligia, 4 . Oktober – Desember.
Jurnal Ilmu Tarbiyah, “At-Tajdid”, vol.1, No.1, Januari 2012.
Khon, Abdul Masjid Praktikum Qiraat, cet. II
M. Qomari, Sholeh. 1999. Ilmu Tajwid Penuntun Baca Al-Quran Fasih dan Benar. Jombang: Pondok Pesantren Nurul Quran.
Manna’ Khalil Al-Qattan. 2015. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, Terj. Mudzakir. Jakarta: Pustaka Kautsar
Mardalis. 1993. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Maskur, “Seni Baca Al-Qur’an: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits”, Jurnal Islamic Education, No. 2 (Desember 2019) : 111. SENI BACA AL-QURAN: METODE EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS | Maskur | QUALITY (iainkudus.ac.id)
Miftachul Jannah dkk, “Penggunaan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di MI Maudlu’ul Ulum” dalam Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 3, Juli 2019, h. 47
Muhammad Amin Suma, Ulumul Qur’an, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), h. 21.
Munir, Misbahul. 2005. Imu dan Seni qiroatul Qur’an Pedoman bagi Qori-Qori’ah Hafidh Hafidhah danHaki Dalam MTQ. Semarang: Binawan,cet.I.
Nawawi, Imam. 2007. Bersanding dengam Al-Qur‟an, Terj. At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur‟an oleh Abdul Aziz. Bogor: Pustaka Ulil Albab.
Pangastuti, Ratna. 2014. PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sarnapi.2017.. Ironis 54% Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Al-Qur’an, Pikiran Rakyat, Desember
Tohir, Mundir. 2014. Metode Memahami Al-Qur‟an Perkata. Kediri: Azhar Risalah,
Umar Sidiq. 2018. Etika dan Profesi Guru.Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Panji Sultansyah, Nurjannah, Amrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.