PENGARUH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

The Effect Of Powerpoint-Based Pai Learning On Improving Students' Religious Characters

DOI:

https://doi.org/10.32478/t3yty645

Authors

  • Zefania Desi Universitas Muria Kudus -  Indonesia
  • Indah Kumalasari Universitas Muria Kudus -  Indonesia
  • Halimatus Sa'diyah Universitas Muria Kudus -  Indonesia
  • Makhfudz Ainul Yaqin Universitas Muria Kudus -  Indonesia
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus -  Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus -  Indonesia

Keywords:

Islamic Religious Education, character improvement, religious character

Abstract

ABSTRACT

The issue of religious character in students is an issue that is increasingly receiving attention in the world of religious education. This research uses quantitative methods. The population in this study were all fourth-grade students of SDN 4 Karangbener. Sampling in this study was done with the saturated sample technique. The research instruments used in this research are the religious character questionnaire and the Islamic religious knowledge test. From the results of the simple linear regression test above, there is a positive influence between PowerPoint-based Islamic Religious Education learning on improving students' religious character. This positive effect means that the use of PowerPoint in Islamic learning contributes to the improvement of student's religious character, although the contribution is relatively small. This means that when this learning method is applied, there is a tendency for improvement in students' religious character.

Pendidikan agama memainkan peran penting sebagai sarana untuk menginternalisasi nilai-nilai ajaran hidup dan kehidupan kepada anak, dengan tujuan membentuk karakter dan kepribadian yang lebih baik menuju arah yang lebih positif dan mulia. Permasalahan karakter religius pada siswa merupakan isu yang semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Karangbener. Pengambilan sampel dalam penelitian ini di lakukan dengan Teknik sampel jenuh. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket karakter religius dan tes pengetahuan agama Islam. Dari hasil uji regresi linier sederhana di atas, terdapat pengaruh positif antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis PowerPoint terhadap peningkatan karakter religius siswa. Pengaruh positif ini bermakna bahwa penggunaan PowerPoint dalam pembelajaran agama Islam berkontribusi terhadap peningkatan karakter religius siswa, meskipun kontribusinya relatif kecil. Artinya, ketika metode pembelajaran ini diterapkan, ada kecenderungan peningkatan dalam karakter religius siswa.


Keywords: Islamic Religious Education, character improvement, religious character

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraenie, B. T., Hanafiah, D., & Sa’diah, Y. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings, 1(1), 42–49.

Basmar, N. A. (2020). Pengaruh Prinsip Integritas, Objektivitas Dan Perilaku Profesional Terhadap Kualitas Audit Pada Kap Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 89–99. https://doi.org/10.35906/jep01.v5i2.404

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511

Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Tema 8 Kelas 5 Sdn 1 Mayong Kidul. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 491–497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001

Ginting, M. C., & Silitonga, I. M. (2019). Pengaruh Pendanaan Dari Luar Perusahaan Dan Modal Sendiri Terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204.

Green, P., Dan, M., Image, B., Kasus, S., Followers, P., & Twitter, A. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371

HASANAH, U., & FAJRI, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Iswanto, Eva Nurazizah, Amanda Dewi Nadila, & Muhammad Sultan Nur S. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 06(01), 117–128. https://doi.org/10.62196/nfs.v2i2.45

Minaryati. (2022). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 16 Rejang Lebong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1975), 121–124.

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & A., E. A. I. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ( SLR ) : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, Dan Humaniora, 2(1), 209–219.

Nurrahman, A., & Irawan, A. (2019). Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama Pendidikan sebagai suatu sistem yang berkelanjutan tentunya mempunyai permasalahan yang sangat luas , kompleks dan unik . Baik pada tingkat makro maupun mikro . Selama manusia masih di bumi. 12(2), 171–190.

Parhan, M., Rindu, M., Islamy, F., Budiyanti, N., Nugraha, R. H., Hyangsewu, P., & Islam, K. (2020). Abstrak Background Islam is a religion that teaches what to believe ( aqidah ), how to worship ( syariah ), and how to deal with other people in a public context muamalah . 1 It is oriented towards the benefits and happiness of people in this world and in. 6(2), 137–149.

Sabarrudin, Silvianetri, Y. N. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2021), 1349–1358.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111–1121. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3035

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Supriyatno, T., & Susilawati, S. (2020). Parenting Patterns and Its Implications for Formation Religious Character in Early Childhood. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 176. https://doi.org/10.21043/kr.v11i2.8092

Wardani, L. K., Fatmawati, L., Berliana, S., Oktaviana, H., Ismaya, E. A., & Fakhriyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Mata Pelajaran IPA. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 6(1), 8–15.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA: The Effect Of Powerpoint-Based Pai Learning On Improving Students’ Religious Characters. (2024). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 58-70. https://doi.org/10.32478/t3yty645