PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MTSN 1 BENGKALIS
The Effect Of Emotional Intelligence On Students' Learning Activity At MTSN 1 Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.32478/aqhcns22Keywords:
Emotional intelligence, active learningAbstract
ABSTRACT
The main issue in this study is emotional intelligence and learning activity, the purpose of this study is to find out whether the emotional intelligence in students has an influence or no influence on student learning activity, the method used in this study is descriptive quantitative research with an associative approach, associative research is research that tests the presence or absence of relationships or influences between variables with other variables, The results of this study showed that after testing with the help of the SPSS program, a Sig. result of 0.000 was obtained (can be seen in Table 1). Based on decision-making, it can be concluded that variable x has an effect on variable y. This means that emotional intelligence affects student learning activity.
Isu pokok pada penelitian ini adalah kecerdasan emosional, keaktifan belajar, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional yang ada pada diri siswa ada pengaruh atau tidak ada pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan asosiatif, penelitian asosiatif adalah penelitian yang menguji ada tidaknya hubungan atau pengaruh antara variabel dengan variabel lainnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pengujian dengan bantuan program spss didapatkan hasil Sig. yaitu 0.000 (dapat dilihat pada tabel 1). Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y. Artinya kecerdasan emosional berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa.
Keywords: Emotional intelligence, active learning
Downloads
References
Apriyanti, Yoki, Evi Lorita, and Yusuarsono Yusuarsono. 2019. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 6.
Arafa, Siti, Mursalim Mursalim, and Ihsan Ihsan. 2022. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 1.
Damayanti, Putri Surya, Angga Putra, and Ija Srirahmawati. 2021. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 3.
Eman Nataliano Busa. 2023. “Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2, no. 2.
Erniyanti, Zulkarnaen, and Didik Supriyadi. 2022. “Analisis Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-9 SMA Negeri 1 Samarinda.” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, no. 2011.
Junaidi, Muhammad Azwar, and Nurmaysaroh Lubis. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak.” Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan 1, no. 1.
Lampengan, Pricilia, James D.D Massie, and Ferdy Roring. 2019. “Pengaruh Motivasi, Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Pengguna Online Shop Zalora Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Manado.” Emba 7, no. 4.
Naziah, Syifa Tiara, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati. 2020. “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Jpsd 7, no. 2.
Novela, Tesya, Citra Ramayani, and Mona Amelia. 2023. “Siswa kelas XI IIS Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Tarusan Tahun Ajaran 2022 / 2023 the Influence of Learning Independence, Learning Environment , Emotional Intelligence , Learning Style , Learning Interest , on Student Learning Activeness Class XI IIS Econ” 3, no. 4.
Prasetyo, Apri Dwi, and Muhammad Abduh. 2021. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4.
Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu Sadiah, Andri Purwanugraha, and Popy Nur Elisa. 2021. “Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1.
Saputra, Alif Muhaimin. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Keaktifan Psikomotorik Dalam Praktek Sepak Bola Peserta Didik MAN 3 Makassar” 2507, no. 1.
Septiawati, Septiawati, Siti Halidjah, and Dyoty Auliya Vilda Ghasya. 2022. “Deskripsi Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 11, no. 6.
Siti Anisah, Ani, Sapriya Katmajaya, and Wishfa Laeli Zakiyyah. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan UNIGA 15, no. 1.
Sudirman, et. al. 2023. Metodologi Penelitian 1. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.
Sulastri, Tri, Yuline Yuline, and Purwanti Purwanti. 2022. “Studi Tentang Kecerdasan Emosional Rendah Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 18 Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 11, no. 3..
Usa, Suwarni La, and Fatmawati Muhudiri. 2021. “Pengaruh Keaktifan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa.” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika.
Wening, Pertiwi Mega, and Ahmad Nurkin. 2022. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Penerapan Reward, Dan Kecerdasan Emosional Ter- Hadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Banyumas.” Business And Accounting Education Journal 3, no. 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 putri lestari, Risnawati, Nasir Za'ba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.