REORIENTASI PENDIDIKAN MORAL ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA
Reorientation of islamic moral educationIn character building of students
DOI:
https://doi.org/10.32478/p1680x26Keywords:
Islamic Moral Education, the integration of moral into curriculum, Teacher and Parents roleAbstract
ABSTRACT
Education plays an important role in the development of Islamic morals (akhlak). In Islam, Islamic moral teachings play an important role in guiding individuals to live a pious life. Morals in Islam are essentially the basic values and foundations of a person's character. This study attempts to describe and analyze Islamic moral education. This study uses a library method that uses text sources such as journals and books. The results of this study indicate that Islamic moral development faces the influence and challenges of global secularism and a lack of resources. The solution to facing these challenges is primarily through a training program for Educators. Furthermore, Islamic moral education can be implemented in the school curriculum through the integration of the curriculum and extracurricular activities and the involvement of parents.
Pendidikan memiliki peran penting dalam pembinaan moral Islam (akhlak). Dalam Islam, ajaran akhlak Islam memiliki peranan penting dalam membimbing individu untuk menjalani kehidupan yang saleh. Akhlak dalam Islam pada hakikatnya merupakan nilai dasar dan fondasi karakter seseorang. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan akhlak Islam. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yang menggunakan sumber teks seperti jurnal dan buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan akhlak Islam menghadapi pengaruh dan tantangan dari paham sekuler global serta kurangnya sumber daya. Adapun solusi dalam menghadapi tantangan ini yang terutama adalah dengan program pelatihan bagi Pendidik. Selanjutnya pendidikan akhlak Islam dapat diimplementasikan dalam kurikulum sekolah melalui integrasi kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler serta keterlibatan Orang Tua.
Key Words: Islamic Moral Education, the integration of moral into curriculum, Teacher and Parents role
Downloads
References
A. Faujiah,dkk. Pengembangan Karakter Anak Di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,(SL), 6(2), 2018.
A. Zamroni, Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241-264. 2017.
Aat Syafaat, dkk. Peranan Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Rajawali Press, 2008).
Abdul Haris Zainuddin, Analisis Literatur tentang Hubungan antara Pendidikan Karakter dan Prestasi. JoHARMA: Vol.1, No.1, Juli 2024 https://journal.tritunas.ac.id/index.php/JoHARMA
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2017.).
Ace Suryadi. Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan: Isu, Teori, dan Aplikasi untuk pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Indonesia, Edisi Kedua, (Bandung: Widya Aksara Press, 2012).
Ahmad Mudlor, Etika Dalam Islam, (Surabaya : Al-Ikhlas, 2012)
Aiman Faiz, Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27 (2), September (2021)
Ali Syamsuddin, Mengukir Sifat Kepribadian Muslim, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.)
Amin Syukur, 2010. Studi Akhlak. Semarang: Walisongo Press.
Barnawi dan Arifin, M., 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter.( Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Choirul Fuad Yusuf, 2001. Peran Agama dalam Masyarakat (Studi Awal Proses Sekularisasi Pada Masyarakat Muslim Kelas Menengah), (Jakarta: Badan Litbang Agama dan Diktat Keagamaan).
Colby, Ann; Kohlberg, Lawrence. 1987. The Measurement Of Moral Judgement: Volume 2, Standard Issue Scoring Manual. (Cambridge University Press).
D. Sutisna, , dkk. Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29-33. 2019.
Hidayat, A., & Machali, I. Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. (Penerbit Kaukaba, 2012)..
Hisyam Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif.( Yogyakarta: CTSD lAIN Sunan Kalijaga, 2002).
Imam Mohtar, Problematika Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat. Uwais Inspirasi Indonesia. 2017,
Imam Suprayogo, Kurikulum Pendidikan Akhlak, dalam : https://uin-malang.ac.id/r/141201/kurikulum-pendidikan-akhlak.html diakses 20 September 2024
Kaimuddin. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Makasar: Jurnal Dinamika Ilmu. Vol 1. 14. No 1 :1-52, 2014.
Lawrence Kohlberg, Richard H Hersh. “ Moral Development : a Review of the theory”, Theory into Practice, Vol. 16, No. 2, 2010.
M. Marzuki, “Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam,” Humanika, Kajian Ilmu Mata Kuliah Umum, vol. 9, no. 1, 2019.
Maksun, Islam, Sekularisme dan JIL, (Semarang: Walisongo Press, 2009.),
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Moh. Umar Sidiq, dkk. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. (Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019).
Munirah, Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 (2). 2015.
Nader Hashemi, Islam, Sekularisme, dan Demokrasi Liberal (Menuju Teori Demokrasi dalam Masyarakat Muslim), (Jakarta: Gramedia2011.).
Republik Indonesia, Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta, 2005.
Ridwan Assyirbany, Membentuk Pribadi Lebih Islami (Suatu Kajian Akhlak), (Jakarta: Pt Inti Media Cipta Nusantara, 2009)
Sigit Dwi Laksana, Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa Di Sekolah. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 167–184. 2016.
Sofyan Sauri. Filsafat dan Teosofat Akhlak (Kajian Filosofis dan Teosofis tentang Akhlak, Karakter, Nilai, Moral, Etika, Budi Pekerti, Tata Krama, Sopan Santun). (Bandung: Rizqi Press, 2011)
Sudirman, Pilar-Pilar Islam Menuju Kesempurnaan Sumber Daya Muslim, (Malang: UIN Maliki Prees, 2012)
Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Islam and Sekularism. Terjemah, (Bandung: Mizan, 1981)
Zainal Aqib dan Sujak, Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. (Bandung: Yrama Widya, 2011).
Zulkarnain, Tranformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutamakin Mutamakin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.