KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.375

Authors

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru & Murid, Inreraksi Edukatif, Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari

Abstract

This research is related to how the personal competence of Teachers and Students in the Educational Perspective Interaction of KH. Hasyim Ash'ari contained in the book Adabul Alim was Al-muta’allim. This research is in the form of library research with the content analysis used as an analysis tool. The results of the analysis of the authors that the personal competence of teachers and students in the educational interaction perspective KH. Hasyim Ash'ari is an intense and close attachment not only in the sense of being born but also inwardly (alaqah batiniyah) based on religious-ethic for the success of the teaching and learning process. There are several interaction patterns that can be developed to create educational interactions between teacher and student perspectives KH. Hasyim Ash'ari, among them, are Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.

ABSTRAK

Penelitian ini terkait dengan bagaimana kompetensi kepibadian Guru dan Murud dalam Interaksi Edukatif Perspektif KH. Hasyim Asy’ari yang tertuang dalam kitab Adabul Alim wa Al-muta’allim. Penelitian ini berbentuk library research dengan content analysis dijadikan sebagai alat analisisnya. Hasil dari analaisis penulis bahwa kompetensi kepribadian Guru dan Murid dalam interaksi edukatif perspektif KH. Hasyim Asy’ari adalah adanya keterikatan secara intens dan erat tidak hanya dalam artian secara lahir, akan tetapi juga secara batin (alaqah batiniyah) yang dilandasi religios-etich untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Ada beberapa pola interaksi yang bisa dikembangkan untuk menciptakan interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif  KH. Hasyim Asy’ari, diantaranya adalah: Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Imron (ed.), 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada,

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: PT. Rineka Cipta,.

Asy’ari, Hasyim. 1415 H. Adab al-Alim wa Al-Mutaallim. Jombang: Maktabah al-Turats.

-------------------. 2007. Etika Pendidikan Islam, terj. Yogyakarta: Penerbit Titian.

Athiyah Al-Abrosyi. 1970.Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Bahri Djamarah, Syaiful, 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar – Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama,.

J. Fox, James. 1991. “Ziarah visits to the tombs of the Wali, the Founders of Islam on Javaâ€, dalam M.C. Ricklefs (ed.), “Islam in the Indonesian Social Contextâ€, Clayton, Victoria: Centre of Southeast Asian Studies, Monash University,

J. Moleong, Lexi. 1989. Metodologi Penelitiaan Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Khuluq, Lathiful. 2000. Fajar Kebangunan Ulama: Biografi KH. Hasyim Asy’ari, Yogyakarta: LKiS

Langgulung, Hasan. 1992. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, cet. ke-2.

Marimba, Ahmad. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir Jusuf, 2006. Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nata, Abudin. 2001. Perpektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru dan Murid, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Nata, Abudin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat press.

Sojono dan Abdurrahman 1999. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan penerapan Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suwendi. 2004. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Syams Al-Din, Abd al-Amir. 1984. al-Madzhab al-Tarbawi ’inda Ibn jama’ah, Beirut: Dar Iqra’.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tholhah, Imam dan Barizi, Ahmad. 2004. Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: PT RajaGraffindo.

Tobroni, 2008. Pendidikan Islam Paradigma Teologis, Filosofis dan Spritualias, Malang, UMM Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Jakarta: CV. Eko Jaya, 2003

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen (Yogyakarta: Tim Cemerlang, 2007

Yasin, A. Fatah, 2008. Demensi-Demensi Pendidikan Islam, Malang, UIN-Malang Press.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 144-166. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.375