NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BAJRANGI BHAIJAAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.657

Authors

Keywords:

nilai kemanusiaan, Pendidikan toleransi beragama, film Bajrangi Bhaijaan.

Abstract

Dalam konteks pendidikan, ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan pesan nilai-nilai toleransi, di antara adalah film. Film Bajrangi Bhaijaan, sebuah film produksi Bollywood merupakan karya seni yang penuh nilai edukasi dan menginspirasi. Artikel ini berusaha untuk menganalisis nilai kemanusiaan dan toleransi beragama dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa film Bajrangi Bhaijaan mengandung pesan kuat dalam mempromosikan nilai kemanusiaan dan toleransi beragama yang terdiri dari tolong menolong, cinta kasih, peduli dan tidak semena-mena, menghargai keyakinan, menghargai tempat ibadah serta tidak membeda-bedakan orang lain terkait keyakinan. Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam film ini memiliki relevansi yang kuat terhadap pengembangan Pendidikan Agama Islam sehingga jika dimanfaatkan sebagai sumber belajar bisa berkontribusi terhadap penanaman Islam yang moderat di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizy, A. Qodri A. 2003. Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat). Semarang: Aneka Ilmu.

Ghazzali, Emza dkk. Sosialisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Film “Ada Surga Di Rumahmu”. Jurnal Studi Al-Qur’an Vol. 13, No. 2, Tahun 2017.

Hafid, Anwar dkk. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Handayani, Muslih Aris. Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan. Insania Jurnal Pemikiran Kependidikan. Vol. 11 No. 2 Januari-April 2006.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra Vol. 08 No. 01, 2014.

Hermansyah, Agus Kichi. Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihan dan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI, AL-IBTIDA : Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 4 No. 1, Juni 2017.

Jirhanuddin. 2010. Perbandingan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khusnun Nisa’, Anita dan M. Wahid Nur Tualeka. Kajian Kritis Tentang Toleransi Beragama dalam Islam. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol 2, No. 2, 2016.

Lusiana Surya Widiani, dkk. Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah, Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, Vol. 7 No. 1, 2018.

Muawanah. Pentingnya Pendidikan untuk Tanamkan Sikap Toleransi di Masyrakat. Jurnal Vijjacariya, Volume 5 Nomor 1, Tahun 2018.

Mumin, U. Abdullah Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran di Sekolah). Al- Afkar Journal for Islamic Studi, Vol. 1, No. 2, July 2018

Naim, Ngainun & Achmad Sauqi. 2017. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nashir, Haedar. 1999. Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rianto, Hadi. Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 3, No. 1, Juni 2016.

Safrilsyah dan Mauliana. Sikap Toleransi Beragama di Kalangan Siswa SMA di Banda Aceh. Substansia, Volume 17 Nomor 1, April 2015.

Soemanto, dkk. 2008. Eksperimen Pendidikan Agama Berwawasan Kerukunan. Jakarta: Pena citrasatri.

Untoro, Joko dan Tim Guru Indonesia. 2010. Buku Pintar Pelajaran SMA/MA IPS 6 In 1. Jakarta: Wahyu media.

Yahya, Lip D. 2014. Gus Dur: Berbeda Itu Asyik. Yogyakarta: Kansius.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BAJRANGI BHAIJAAN. (2021). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 105-122. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.657