PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA DI MI NEGERI PAJU PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.658Keywords:
Pendidikan Islam, Madrasah, MultikulturalismeAbstract
Penelitian ini memfokuskan kajian kepada upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian berkaitan dengan model pendidikan multikultural di lembaga madrasah menunjukkan bahwa: pertama dalam membangun pendidikan multikultural ialah adanya pandangan paradigmatik atas pendidikan multikultural. Kedua kurikulum yang menawarkan nilai-nilai multikultural untuk diimplementasikan. Ketiga budaya madrasah yang dikembangkan untuk menghargai ragam proses dalam pembelajaran di dalam dan luar kelas. implikasi dari pendidikan multikultural di lingkungan madrasah yang menunjukkan nilai-nilai multikulturalisme seperti: kerukunan, kebersamaan, dan persaudaraan.
Downloads
References
Aji Nugroho, Muhammad. Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif pada Umat Muslim. Jurnal Mudarrisa, Vol 8, No. 1, Juni 2016
Banks, James (ed). Encyclopedia of Diversity in Education. California: Sage Publishing, 2012
Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendis, 2006
Hanurawan, Fattah. Sikap Guru terhadap Peran Pengajaran Kajian Multikultural dalam Mengurangi Prasangka Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 4, No. 3, Agustus 1997
Harto, Kasinyo. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Tahrir, Vol. 14, No. 2 Mei 2014
Hidayatullah Al Arifin, Ahmad. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 01, No. 01, Juni 2012
http://liputan6.com/news/read/2571163/tersangka-kasus-kerusuhan-tanjungbalai-bertambah-jadi-21-orang
Jiyanto dan Eko Efendi, Amirul. Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Penelitian, Volume 10, Nomor 01, Februari 2016
Miles, B Mattew dan Huberman, A Michael. Analisis Data Kualitatif, Terj Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
MPR dan Tim Kerja Sosialisasi MPR RI Periode 2009-2014. Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekjend MPR RI, 2016
Naim, Ngainun. Teologi Kerukunan: Mencari Titik Temu dalam Keragaman. Yogyakarta: Teras, 2011
Sudarto, H. Konflik Islam Kristen: Menguak Akar Masalah Hubungan antar Umat Beragama di Indonesia. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1999
Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006
Sutarno. Pendidikan Multikultural: Unit 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2007
Wahid, Rahman. Implementasi Pendidikan Multikultural di Pendidikan Dasar. Skripsi: Tidak diterbitkan, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.