RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.659

Authors

  • Mutamakin Mutamakin STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang -  Indonesia
  • M. Yusuf Agung Subekti STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang -  Indonesia

Keywords:

Ibn Khaldun, Muqaddimah, Kurikulum Pendidikan Guru

Abstract

Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alatas, S., F. (2007). The historical sociology of Muslim societies: Khaldunian applications. International Sociology, 22(3), 267-288.

Alatas, S., F. (2012). Makers of Islamic Civilization: Ibn Khaldun New Delhi: Oxford University Press.

Alatas, S., H. (2006). The autonomous, the universal and the future of sociology. Current Sociology, 54(1), 112-132.

Brady, L., & Kennedy, K. (2014). Curriculum Construction (5th ed.). Frenchs Forest: Pearson.

Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Jakarta

Ibn Khaldun. (1958a). The ‘Muqaddimah’: An Introduction to History, terjemah dari bahasa Arab oleh Rosenthal, F (Vol. I). London: Routledge & Kegan Paul.

Ibn Khaldun. (1958b). The ‘Muqaddimah’: An Introduction to History, terjemah dari bahasa Arab oleh Rosenthal, F (Vol. VI). London: Routledge & Kegan Paul.

Irwin, R. (1996). Munculnya Sistem Dunia Islam 1000-1500M. Dalam F. Robinson (Ed.), Cambridge Illustrated History of the Islamic World (hlm. 32-61). Cambridge: Cambridge University Press.

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011

Robinson, F. (1996). Knowledge its transforming the making of Muslim societies In F. Robinson (Ed.), The Cambridge illustrated history of the Islamic world. Cambridge, England Cambridge University Press.

Samarah, Y., A. (2011). Ibn Khaldun dan beberapa pandangan klasik dalam linguistik abad ke-20. Teori dan praktek dalam studi bahasa, 1 (11), 1521-1530.

Tjandrasasmita, U. (2006). Kajian naskah-naskah sejarah klasik dan penerapannya bagi kajian Islam di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA. (2021). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 157-172. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.659