Efektivitas Metode Sosiodrama Berbasis Project Film dalam Internalisasi Akhlak pada Siswa SMP Negeri 16 Malang

Published : 2021-12-11 | Abstract viewsc: 73 | Artikel ke-4 views: 42
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Lilik Rafidha(1*), Siti Mutholingah(2), Budi Sulistyo(3),

(1) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(3) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tantangan zaman yang hadir di era melineal adalah dekadensi moral. Mirisnya hal tersebut juga menjangkiti kaum pelajar. Meningkatnya angka kriminalitas yang dilakukan pelajar adalah indikasi hal ini. Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan perangkat pendidikan akhlak yang melingkupi di dalamnya, harus muncul sebagai garda paling depan dalam ikut serta menanggulangi hal tersebut. Mengingat betapa pentingnya materi akhlak, maka harus diupayakan tingkat keberhasilan yang signifikan. Sayangnya, PAI masih kurang diterima oleh peserta didik, dikarenakan penyampaian guru PAI yang terkesan monoton dan membosankan dengan pendekatan teacher centered. Artikel ini mengulas implementasi metode sosiodrama berbasis project film, dalam mata pelajaran PAI dan efektivitasnya terhadap internalisasi akhlak peserta didik di SMP Negeri 16 Malang. Data diperoleh melalui penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Ada dua temuan utama artikel ini. Pertama, implementasi metode sosiodrama dapat dilakukan secara kreatif, tanpa harus terpaku pada teori-teori terkait metode sosiodrama. Misalnya, project film yang dikreasi oleh peserta didik dan ditayangkan melalui ruang virtual seperti google meet, sebagai alternatif pembelajaran daring saat pandemi. Kedua, efektivitas metode sosiodrama berbasis project film dalam internalisasi akhlak peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, sebagaimana yang terbukti pada peserta didik di SMP Negeri 16 Malang. 

Full Text:

Artikel ke-4

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Aminudin, M. (2021, Maret 25). Anak Bunuh Bapak di Malang Karena Tak Dituruti Minta Uang dan Mobil. Retrieved from news.detik.com: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5507596/anak-bunuh-bapak-di-malang-karena-tak-dituruti-minta-uang-dan-mobil

Anwar, H. T. (1995). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Chatib, M. (2014). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Edison, F. T. (2017). 52 Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup.

Kholidah, A. M. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.

Kuswandi. (2021, Februari 5). Tepergok Jajakan Bisnis Prostitusi, Pelajar di Malang Diciduk Polisi. Retrieved from www.jawapos.com: https://www.jawapos.com/nasional/hukum-kriminal/05/02/2021/tepergok-jajakan-bisnis-prostitusi-pelajar-di-malang-diciduk-polisi/

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara: Jakarta.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Conciencia: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 10-28.

Saebani, B. A. (2017). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Saebani, H. H. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yani, A. (2021, April 19). 2 Tahun, 102 Kasus Kriminal di Malang Jerat Anak di Bawah Umur. Retrieved from radarmalang.jawapos.com: https://radarmalang.jawapos.com/malang-raya/19/04/2021/2-tahun-102-kasus-kriminal-di-malang-jerat-anak-di-bawah-umur/


Article metrics

Abstract views : 73 | views : 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rabbayani: Jurnal Pendidikan dan Peradaban Islami