Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDIT Insan Permata Kota Malang

Authors

  • Elisa Ade Astarina  STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Apri Kurniasih STAI Darussalam Lampung

Abstract

Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SDIT Insan Permata Kota Malang merupakan proses penanaman nilai-nilai agama yang mendalam dan menghayati nilai-nilai agama berupa iman, ibadah, dan akhlak. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia. Pancasila telah menjadi dasar negara yang diakui dan/atau sesuai dengan ajaran Islam, sehingga internalisasi nilai-nilai PAI mutlak diperlukan. Artikel ini mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui P5 di SDIT Insan Permata Kota Malang. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dimulai dari pengumpulan data dari lokasi penelitian, lalu data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Temuan artikel ini ada dua. Pertama, hakikat nilai-nilai PAI meliputi iman, ibadah, dan akhlak; sedangkan kegiatan P5 dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik berdasarkan falsafah Pancasila secara utuh dan menyeluruh. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui P5 di SDIT Insan Permata Kota Malang dilakukan melalui dua tahap, yakni transformasi dan transaksi nilai.

Kata Kunci: Internalisasi; Nilai-Nilai PAI; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); SDIT Insan Permata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Elisa Ade Astarina,  STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

     

     

  • Apri Kurniasih, STAI Darussalam Lampung

     

     

     

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDIT Insan Permata Kota Malang. (2022). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 2(1), 12-21. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2256