Implementasi Konsep Ilmu dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumiddin di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan

Authors

  • Awwalul Fadlilah STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
  • Izza Safitri UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Imam Al-Ghazali merupakan tokoh yang menjadi panutan dalam peradaban Islam saat ini. Melalui kitab Ihya’ Ulumiddin, pemikiran Al-Ghazali tentang klasifikasi ilmu menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan Islam. Artikel ini mendeskripsikan implementasi konsep ilmu dalam Ihya’ ‘Ulumiddin karya Al-Ghazali di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan artikel menunjukkan bahwa: Pertama, hakikat pendidikan Islam menurut Al-Ghazali adalah mengantarkan peserta didik kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, sedangkan ilmu diklasifikasikan menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah. Kedua, implementasi konsep ilmu dalam Ihya’ ‘Ulumiddin di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan dilakukan dengan memprioritaskan ilmu fardhu ain, tanpa mengesampingkan ilmu fardhu kifayah.

Kata Kunci: Imam Al-Ghazali; Konsep Ilmu; Pendidikan Islam; Ihya’ ‘Ulumiddin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Awwalul Fadlilah, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

     

     

     

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Konsep Ilmu dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumiddin di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan. (2022). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 2(1), 40-48. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2266