Implementasi Konsep Ilmu dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumiddin di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan
Abstract
Imam Al-Ghazali merupakan tokoh yang menjadi panutan dalam peradaban Islam saat ini. Melalui kitab Ihya’ Ulumiddin, pemikiran Al-Ghazali tentang klasifikasi ilmu menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan Islam. Artikel ini mendeskripsikan implementasi konsep ilmu dalam Ihya’ ‘Ulumiddin karya Al-Ghazali di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan artikel menunjukkan bahwa: Pertama, hakikat pendidikan Islam menurut Al-Ghazali adalah mengantarkan peserta didik kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, sedangkan ilmu diklasifikasikan menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah. Kedua, implementasi konsep ilmu dalam Ihya’ ‘Ulumiddin di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Paciran Lamongan dilakukan dengan memprioritaskan ilmu fardhu ain, tanpa mengesampingkan ilmu fardhu kifayah.
Kata Kunci: Imam Al-Ghazali; Konsep Ilmu; Pendidikan Islam; Ihya’ ‘Ulumiddin.