Pola Asuh Orang Tua Yang Positif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak
Positive Parenting Patterns in Increasing Children’s Learning Motivation
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah studi kepustakaan (library research). Penulis mengumpulkan data dari beberapa buku, artikel dan lain-lain yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Selanjutnya, penulis melakukan analisis isi sehingga dapat menjawab dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh pola asuh yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar anak: reasonable parents, encouraging parents, concistent parents, peacemaking parents, caring parents, relaxed parents, dan responsible parents. Wujud peningkatan motivasi belajar anak adalah munculnya kemandirian anak dalam bentuk kebutuhan untuk berprestasi (need for achievement) atau n-Ach sebagaimana yang dikemukakan oleh David McClelland.
Kata Kunci: Pola Asuh, Parenting, Motivasi Belajar, Kemandirian Anak.