Implementasi Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari pada Pendidikan Masa Kini
Implementation of KH. Hasyim Asy’ari’s Educational Thinking on Today’s Education
Abstract
- Hasyim Asy’ari merupakan pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia bahkan di dunia, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu karya tulis KH. Hasyim berjudul Adabul ‘Alim Wal Muta’alim didasari kesadaran akan perlunya literatur tentang adab atau akhlakul karimah bagi peserta didik dan pendidik. Melalui kitab ini dan beberapa kitab yang lain, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendiskripsikan implementasi pemikiran pendidikan KH. Hasyim pada pendidikan masa kini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Peneliti mengumpulkan data dari beberapa kitab, buku, artikel dan lain-lain yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Lalu peneliti melakukan analisis isi/konten sehingga dapat menjawab dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, KH. Hasyim adalah seorang santri, kiai dan pahlawan nasional yang menjadi uswatun hasanah bagi generasi berikutnya. Kedua, KH. Hasyim mengemukakan bahwa konsep pendidikan Islam dapat dilihat dari hubungan agama dan sains, nilai-nilai moral dan akhlakul karimah, dan prinsip ahl al-Sunnah wa al-Jamaah. Ketiga, Implementasi pemikiran pendidikan KH. Hasyim pada pendidikan masa kini di antaranya melalui mengharap ridha Allah SWT, integrasi pembelajaran agama dan sains (non-agama) dan memprioritaskan akhlakul karimah (adab), sehingga diharapkan menjadi salah satu solusi dalam menjawab masalah pendidikan di masa kini.
Kata Kunci: Implementasi, Pemikiran Pendidikan, KH Hasyim Asy’ari.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
How to Cite
Implementasi Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari pada Pendidikan Masa Kini: Implementation of KH. Hasyim Asy’ari’s Educational Thinking on Today’s Education. (2023). RABBAYANI: Jurnal Pendidikan Dan Peradaban Islami, 3(1), 21-31. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/rabbayani/article/view/2311