Penelitian Hadis Riwayat Al-Darimi tentang Motivasi Belajar dan Mengajar
Research on Hadith Narrated by al-Darimi on Learning and Teaching Motivation
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk meneliti status Hadis riwayat al-Darimi tentang motivasi belajar dan mengahar. Artikel ini memakai pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi pustaka, teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan teknik analisis data secara parsial. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, penelitian sanad dan matan menunjukkan bahwa Hadis riwayat ‘Abdullah ibn Mas’ud RA yang ditakhrij oleh al-Darimi yang menjadi objek penelitian dalam artikel ini adalah Hadis Mauquf karena hanya sampai pada Ibn Mas’ud RA; serta berstatus Hadis Dha’if karena ada sanadnya yang terputus (Munqathi’), yaitu Harun ibn Ri’ab tidak mendengar langsung Hadis ini dari Ibn Mas’ud. Kedua, Meskipun berstatus Hadis Dha’if, Hadis riwayat al-Darimi masih dapat diterapkan dalam konteks memotivasi umat muslim untuk giat belajar-mengajar, karena termasuk kategori fadhail al-a’mal (keuatamaan amal). Ketiga, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Hadis ini adalah motivasi kepada umat muslim agar giat belajar-mengajar, sehingga berstatus sebagai orang yang pandai (‘alim) yang dapat dipercaya oleh masyarakat untuk menyebar-luskan ilmu dalam berbagai bentuknya; atau sebagai orang yang belajar (muta’allim) yang senantiasa aktif belajar sepanjang hayat (lifelong education). Orang yang aktif belajar-mengajar inilah yang akan dihormati dan dimuliakan oleh para malaikat, karena tergolong ketaatan kepada Allah SWT.
Kata Kunci: Motivasi, Belajar-Mengajar, Penelitian Hadis, Sanad, Matan.