PENINGKATAN MUTU PENDIDIK PERSPEKTIF ISLAM

Rahmatullah Rahmatullah(1*),

(1) STAI Ma'Had Aly AL-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Problematika yang terjadi saat ini menyatakan bahwa kualitas atau mutu pendidik di Indonesia masih sangat jauh dari kategori ideal. Problem pendidik masih menjadi fenomena dan isu utama dalam peningkatan mutu pendidikan secara umum. Penelitian ini mencoba untuk menguraikan hakekat mutu pendidik, standar/kriteria pendidik bermutu perspektif Islam, dan upaya peningkatan mutu pendidik perspektif Islam.

Dari kajian literatur yang peneliti lakukan, penelitian ini menghasilkan pertama, hakekat mutu pendidik adalah proses yang terus berkelanjutan tanpa henti. Kedua, kriteria dan standart pendidik menurut perspektif Islam sangat ideal dan sesuai dengan kondisi dan lingkungan. Ketiga, Upaya untuk meningkatkan mutu pendidik, setidaknya harus memenuhi tiga komponen yakni tugas yang jelas, individu yang diberi tugas harus memiliki kemampuan, dan standarisasi pendidik yang jelas.


Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Al-Hadits

Ala, Ach. Syaiful. Pendidik Dalam Perspektif Islam. Tadrs Volume 7 Nomor 1 Juni 2012.

Al Mawardi. Peningkatan kompetensi pedagogik dosen di jurusan teknik sipil politeknik negeri lhokseumawe. Jurnal Bissotek. Vol. 6, Nomor. 1, (September 2011)

Al-Abrasyi, Ruh al-Tarbiya?,

Al-Abrasyi, Al-Tarbiya? al-Islamiya? .

Crosby, Philip B.. Quality is Free, (Mc-Graw Hill Book, New York, 1979)

Dale, Barrie G.. Managing quality. Hong Kong: TJ International. 4th ed.

Fathorrahman. Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Dosen. Akademika; Vol. 15. No.1 (Februari 2017).

Hall, Cathy, William Swart, and Steve Duncan. Balancing Customer Needs and Standards in Higher Education. Quality Approaches in Higher Education. Vol 3 no 1. 2012.

Hall, Cathy. William Swart, and Steve Duncan. Balancing Customer Needs and Standards in Higher Education. Quality Approaches in Higher Education. Vol 3 no 1. 2012.

Irianto. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Sosial Yang Dimilki Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Empiris Pada STIIE AMM Mataram). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol 11. No. 1 (Maret 2015).

Isnaini, Mutmainnah & Dewi Kusuma W & Leny Noviani. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi. Vol 1, No 2 (2015)

Kosim, Mohammad. Guru Dalam Perspektif Islam. Tadris. Volume 3. Nomor 1. 2008.

Mujam Al-Kabir. Juz 8

Muhammadi, Noor dkk. The Madrasah Leadership, Teacher Performance and Learning Culture to Improve Quality at Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta of South. Journal of Management and Sustainability; Vol. 5, No. 2. 2015.

Musnad Firdaus Ibn Hajar. Juz 1 Tafsir Thabrani. Juz 12

Mustofa, Ali dan Ragil Saifulloh. Tafsir Surat Ar-Rahman Ayat 1-4: Karakteristik Guru. Jurnal Qolamuna, Volume 3 Nomor 1 Juli 2017.

Nafiah, Daimatun. Aplikasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pendidikan Tinggi, 2, Jurnal Efisiensi, (Agustus 2011)

Rose, Kenneth H.. Project Quality Management: Why, What And How. Florida: J. Ross Publishing, Inc.

Rosidin. Strategi Peningkatan Kinerja Pendidik Profesional Berbasis Etos Kerja Qurani. Seminar Nasional Pendidikan.

Shohih Ibn Hibban. Juz 1

Suib, Masluyah. Kebijakan dan Pengembangan Mutu Dosen. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Vol 9, No 2 (2011)

Terok, Maritje. Peningkatan Mutu Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Melalui Profesionalisme Guru Dan Dosen. Prosiding seminar internasional Peran LPTK dalam mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia.

Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Vincent K. Omachonu dan Joel E. Ross. Principles Of Total Quality. (London: CRC Press. 3rd ed. 2005).

Wahbah zuhaily. Tafsir Munir. Jilid 11.

Wahidin, Ade. Konsep Ulama Menurut Al-Quran (Studi Analitis atas Surat Fathir Ayat 28). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Wahyudi. Hakikat Pendidik Dalam Dimensi Pendidikan Dan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah. 2015.


Article metrics

Abstract views : 123 | views : 74


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 journal EVALUASI