PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN ARSIP PERKANTORAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/08074a55

Authors

  • Irwan Fathurrochman IAIN Curup
  • Siswanto Siswanto IAIN Curup
  • Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj IAIN Curup
  • Syaiful Bahri IAIN Curup
  • Muhammad Amin IAIN Curup

Keywords:

Peran, Strategi, Pengelolaan

Abstract

Tata usaha merupakan salah satu bagian terpenting dari unit pelaksana teknik penyelenggara sistem administrasi serta infomasi pendidikan di kantor. Informasi yang tata usaha kelola sangat penting karena sebagai basis pelayanan serta bahan pengambilan sebuah keputusan di kantor, Peran administrasi tata usaha dalam suatu lembaga pendidikan yaitu membantu pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan induk untuk mencapai tujuan tujuan dari kantor tesebut,  serta menyediakan keterangan-keterangan bagi pimpinan tata usaha atau kepala kantor, tenaga ASN kantor, atau personal lain, terutama untuk keperluan pembuatan keputusan serta pengendalian yang menjadi tugas pokoknya. Dapat di lihat terlihat betapa pentingnya penelitian ini dilakukan lebih lanjut dengan menggunakan konsepnya yaitu peran tata usaha dalam pengelolaan arsip di Kantor di Rejang  Lebong, dengan tujuan untuk mengetahui betapa pentingnya peran tata usaha dalam pengelolaan arsip Kantor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala Kantor , kepala tata usaha, dan staf tata usaha. Kesimpulan dari penelitian ini pertama Peran tata usaha dalam pengelolaan arsip Kantor sudah cukup baik. Peran tata usaha antara lain yaitu: pertama, kepala tata usaha sebagai penanggung jawab sekaligus sebagai panutan operator tata usaha yang bertugas mengkordinasikan seluru aktipitas dan seluruh kegiatan administrasi Kantor. Kedua pola kerja tata usaha dalam mengelola arsipnya  sudah baik karena para tata usaha sudah melakukan pengelolaan arsip sesuai dengan tugasnya masing-masing dan dalam pengelolaan arsip kepala tata usaha telah mengarahkana seluruh stap untuk pola kerja dalama mengelola arsip sesuai dengan sistem serta masih menggunakan sistem harkdis internal dan eksternal, dan belum banyak yang menyimpan datanya di email atau google drive.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Fitria. "Manajemen kearsipan elektronik." Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan 9.2 (2017): 57-61.

Ahmad Baedowi, Manajemen Kantor Efektif Pengalaman Kantor Sukma Bangsa, (Jakarta: Pustaka Alvabet, 2015), h 218.

Amsyah, Zulkifli. Manajemen kearsipan. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Anggraini, Tri, Anita Lassa, and Handrianus VM Wula. "Office Administration Management Through Modern Archives Management Training In Improving Public Services." Abdimas Galuh 4.2 (2022): 1193-1204.

Arief Suryantoro dan FX. Suwarto, Metode & Teknik Penelitian Sosial, (Yogyakarta: ANDI, 2007), h. 97.

Ary H. Gunawan, Administrasi Kantor, Administrasi Pendidikan Mikro, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h. 03.

Hendi Haryadi, Administrasi Perkantoran, (Jakarta: Trans Media Pustaka, 2009), hlm 45.

http://basipda.bekasikab.go.id/berita-jenisjenis-arsip.html#ixzz55FNp6FmR Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives.

Khaerudin, Khaerudin. "Kontribusi Manajemen Kearsipan Terhadap Kualitas Layanan Tenaga Pendidik di MTsN Kota dan Kabupaten Serang." Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4.02 (2018): 251-262.

Khaerul Umam, Manajemen Perkantoran (Referensi untuk Para Akademisi dan Praktisi), (Bandung: Pustaka Setia, 2014), h. 48.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), h. 94.

Observasi penelitian pada SMAN 08 Rejang Lebong Air Meles Atas.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 7 (Jakarta: Bumi Aksara, 2008) h.155.

Priansa, Manajemen Perkantoran: efektif, efisien, dan professional. (Bandung: Alfabeta, 2013) h 47.

Sari, Maretha Amelia. Peran Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kinerja Ketatausahaan Di SMAN 8 Kediri. Diss. IAIN Kediri, 2022.

Sulung Nofrianto, The Golden Teacher Tujuh Poin Menjadi Guru Yang Memikat Hati, (Depok: Lingkar Pena, 2008), h 183.

Suparjati, Tata Usaha dan Kearsipan, (Yogyakarta: Kanisius, 2000), h. 4-5.

Wildan Zulkarnain, Manajemen Perkantoran Profesional, (Malang: Gunung Samudera, 2015) h. 214.

Yanti, Selfia Hardi. Manajemen Kearsipan Pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Banda Aceh. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.

Yanto, Heri. "Implementasi Sistem Kearsipan Elektronik Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi." Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Eksakta 1.2 (2022): 120-125.

Downloads

Published

2024-05-29

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN ARSIP PERKANTORAN. (2024). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 144-158. https://doi.org/10.32478/08074a55

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.