PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.358

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari penerapan disiplin terhadap pengembangan diri santri dalam bidang ekstrakurikuler. Pengembangan diri adalah kemampuan individu dalam mendidik dirinya sendiri dengan hal-hal yang baik, yang berpotensi untuk mendorong dirinya mengembangkan bakatnya.Penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dan psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan disiplin di pesantren Hubulo memiliki dampak positif terhadap pengembangan diri santri. Secaraumum penerapan disiplin di pesantren Hubulo belum mampu meningkatkan hasil yang baik dalam pengembangan diri santri. Hal ini terjadi karena penerapan disiplin di pesantren Hubulo tidak seimbang dengan waktu yang diperlukan untuk kegiatan pengembangan diri, sehingga tujuan dari pengembangan diri santri tidak tercapai dengan maksimal.Penerapan disiplin di pesantren Hubulo merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan santri dalam menjalani kehidupan sehari-hari di pesantren Hubulo. Penerapan disiplinbertujuan untuk menciptakan nuansa pembelajaran yang aman, nyaman dan kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Mariaty Podungge, IAIN Sultan Amai Gorontalo
    Mariaty Podungge adalah dosen Pendidikan Agama Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dia giat dalam penelitian pendidikan Agama Islam dan saat ini sedang menggeluti dunia jurnal, sebagai pengelola jurnal Pekerti IAIN Sultan Amai Gorontalo

References

Ariesandi, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses Dan Bahagia (Jakarta: PT. Gramedia Utama, 2008)

B. Robert & Steven J. Tailor, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

David Williams, Penelitian Naturalistik (Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta, 1989)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Kiai (Jakarta: LP3ES, 1982)

Ja’far, -, ‘Problematika Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Globalisasi’, Journal EVALUASI, 2.1 (2018), 350 <https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.83>

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2004)

Miftakhul Munir, ‘MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI’, Journal EVALUASI, 1.1 (2017), 85 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>

Muhaimin, . Dkk, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah Dan Madrasah (Jakarta: Rajawali Press, 2009)

———, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Pada Sekolah Dan Madrasah (Jakarta: Rajawali Press, 2009)

Mujahidin, Endin, Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005)

‘Pesantren Hubulo’ <http://hubulo.com/>

RI, Departemen Agama, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Departemen Agama RI, 2005)

———, Pendidikan, Kumpulan Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Departemen Agama RI, 2006)

Schaefer, Charles, Cara Efektif Mendidik Dan Mendisiplinkan Anak (Jakarta: Mitra Utama, 1980)

Suharto, Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial (Bandung: PT Reflika Aditama, 2005)

Wibowo, Hery, Psikologi Untuk Pengembangan Diri (Jakarta: Widya Padjadjaran, 2010)

Downloads

Published

2020-03-07

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO. (2020). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 88-113. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.358