SUPERVISI KLINIS

Mochamad Nurcholiq(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendekatan klinis atau supervisi klinis berasumsi bahwa proses belajar guru untuk berkembang selalu terkait dengan proses belajar guru sendiri yang bersifat invidual. Pendekatan klinis merupakan proses tatap muka antara supervisor dengan guru. Pertemuan ini membicarakan masalah mengajar dan yang berhubungan dengannya. Oleh karena itu dalam supervisi klinis supervisor dan guru berperan sebagai teman sejawat dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Untuk tipe guru yang berbeda-beda, maka pengawas harus membedakan juga jenis strategi supervisi klinis yang akan digunakan. Tipe guru yang profesional cocok digunakan strategi non-direktif, tipe guru tukang kritik dan guru yang sibuk bisa digunakan strategi kolaboratif. Sedangkan untuk guru yang tidak bermutu, pengawas diharapkan lebih bisa aktif dalam membimbing dan mengajari guru ini, sehingga strategi yang tepat adalah supervisi klinis langsung.

Keywords


SUPERVISI, KLINIS

Full Text:

PDF

References


Cutcliffe , John R., Butterworth, Tony. ed. 2001. Fundamental Themes in Clinical Supervision. London. Routledge. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Metode dan Teknik Supervisi, Jakarta. Direkturat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Diknas. 1999. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas, Jakarta. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/01/supervisi-klinis/ KBBI Offline 1.3 Peraturan Pemerintah. No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah. No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Purwanto, M. Ngalim, 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Purwati, Eni, Makalah disampaikan dalam acara “Diklat di Tempat Kerja (DDTK) Kepala Raudhatul Athfal bagi Widyaiswara pada tanggal 1-4 juli 2010 di Balai Diklat Keagamaan, Jl. Ketintang Madya No. 92 Surabaya. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Sahertian, Piet A., 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta. Sahertian, Piet A. Sahertian, Ida Aleida., 1990. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education, Jakarta: Rineka Cipta. Supriyanto, Eko, et al. Supervision Bunga Rampai Supervisi Pendidikan From Control to Help. 2012. Yogyakarta. UU SISDIKNAS NO.20 TAHUN 2003. Wawancara dengan Drs. Imam Hanafi, guru PAI SMPN 1 Kesamben Blitar, tanggal. 18 Desember 2012. Wawancara dengan Sutrisno, guru PAI SDN Sumber Urip III Doko Blitar, tanggal. 13 Desember 2012.


Article metrics

Abstract views : 107 | views : 132


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 EVALUASI