Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam

Moh. Irmawan Jauhari(1*),

(1) STAI-Ma’arif Kendal Ngawi
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia pendidikan dewasa ini mengalami perkembangan luar biasa. Masuknya teknologi semakin memudahkan para guru dalam menyampaikan materi. Terlebih kehadiran teknologi berbasis informatika dan jaringan, mampu memberikan warna lain dalam dunia pembelajaran. Keadaan ini pada satu sisi merupakan nilai positif dalam dunia pembelajaran. Namun dengan bergesernya peran guru, maka ada banyak hal yang patut dipertimbangkan dengan kehadiran beberapa media dalam pendidikan. Mengingat meskipun media bisa melengkapi beberapa kelemahan yang dimiliki guru, namun bukan berarti media bisa memainkan peran menjadi figur dan tauladan bagi para murid.

Keywords


Media Pembelajaran, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H., Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran, pent: Yusuf Hadi dkk, Jakarta: CV. Rajawali, 1987. Anggoro, M. Linggar, Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2001. Arsyad, A., Media Pembelajaran, Jakarta:Grafindo Persada, 2002 . Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1984. Hamalik, O. Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994. N. Sudjana & Rivai, Media Pengajaran, Bandung: CV. Sinar Baru Bandung, 1992. Ramayulis dan Syamsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2009. Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007. Sadiman A.S. dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya, Jakarta: CV. Rajawali, 1990. www.wordpress.com media pembelajaran. Diunduh tgl 14 Januari 2015. www.wordpress.com pendidikan konstruktivisme,diunduh tgl 12-12-2015.


Article metrics

Abstract views : 99 | views : 298


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal PIWULANG



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.