IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN BUDAYA NIRKEKERASAN DI SEKOLAH

Siti Mutholingah(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Konflik kekerasan yang mengatasnamakan agama sudah menjadi permasalahan serius. Hal ini disebabkan karena lemahnya pemahaman terhadap ajaran Islam itu sendiri, atau bisa dikarenakan pemahaman ayat-ayat al-Quran mengenai konsep jihad secara tektualis. PAI berbasis budaya nirkekerasan sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ajaran Islam yang berbudaya nirkekerasan, maka dalam hal ini pendidik harus mampu menciptakan budaya nirkekerasan baik di rumah, di sekolah, maupun masyarakat sehingga outputnya adalah peserta didik yang mampu menjadi Abdullah (saleh individu) maupun khalifatullah (saleh sosial). Adapun dalam tataran implementasi PAI berbudaya nirkekerasan di sekolah dapat diimplementasikan dalam bentuk integrasi dengan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler PAI, pembentukan budaya sekolah berdasar pada nilai-nilai nirkekerasan, adanya kebijakan kepala sekolah dan integrasi dengan setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

Keywords


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,BUDAYA NIRKEKERASAN,SEKOLAH.

Full Text:

PDF

References


Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Jones, Sidney. 2013 Sisi Gelap Reformasi Indonesia: Munculnya Kelompok Masyarakat Madani Intoleran, (disampaikan sebagai NMML [Nurcholish Madjid Memorial Lecture ke VII], 2013), Jakarta: PUSAD Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, https://kbbi.web.id/interdisipliner, diakses 20 Desember 2017

Kholiq, Abdul, dkk. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lewin, Kurt. 1951. Field Theory in Social Science; Selected Theoretical Papers. D. Cartwright (ed.). (New York: Harper & Row Madjid, Nurkholis. 1999. Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat, Kolom-kolom di Tabloid TEKAD. Jakarta: TEKAD Madjid, Nurkholis. 2003. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina Madjid, Nurkholis. 2008. Islam Agama Peradaban, Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, cet. ke-3. Jakarta: Paramadina dan Dian Rakyat MinorityIdeas, Konsep Nir-Kekerasan, http://blogcreativeminority.blogspot.co.id/2010/03/konsep-nir-kekerasan.html, diakses 1 November 2017 Mubarak, Husni Tragedi Rohingnya dan Diskursus Kekerasan Agama, Jurnal Kelas CRCS, 4 September 2017 (Yogyakarta: Pusat Studi Agama dan Lintas Budaya Sekolah Pascasarjana UGM), http://crcs.ugm.ac.id/id/berita-utama/11384/tragedi-rohingya-dan-diskursus-kekerasan-agama.html, diakses 1 November 2017 Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidkan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI. Jakarta: Misaka Galiza Muzani, Saiful. Pandangan Dunia dan Gagasan Islamisasi Ilmu Syed Muhammad Naquib Al-Attas, dalam Jurnal Hikmah, No. 3 Juli-Oktober 1991 Naim, Ngainun. 2014. Islam dan Pluralisme Agama: dinamika Perebutan Makna, Yogyakarta: Aura Pustaka Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu Nimer, Mohammed Abu Nirkekerasan dan Bina-Damai dalam Islam: Teori dan Praktek, dalam Nonviolence and Peace Building in Islam: Theory and Practice, terj. M. Irsyad Rhafsadi dan Khairil Azhar. EDISI DIGITAL, http://www.abad-demokrasi.com/sites/default/files/ ebook/Nirkekerasan%20Abu-Nimer.pdf, didownload tanggal 20 November 2017 Pasiak, Taufik. 2006. Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ untuk Kesuksesan Hidup. Bandung: PT. Mizan Pustaka.


Article metrics

Abstract views : 112 | views : 133


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal PIWULANG



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.