OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI GOOGLE CLASSSROOM

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.372

Authors

  • Eko Purnomo Susanto STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang
  • Rahmatullah Rahmatullah STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang

Keywords:

Optimalisasi Pembelajaran, PAI, Google Classroom

Abstract

The development in the information and communication technology is a blessing and a gift from Allah which is given to humanity. Internet and virtual media facilities make it easy for humans to access information and socialize without being blocked by time and space. This development has a positive impact on the development of learning in this digital era. The habituation and optimization of Islamic religious education learning through Google Classroom is one way to foster the ability of learners of this century. This research involved sixth grade students at MI Islamiyah City of Malang. The results of this study indicate that the optimization of learning through Google Classroom has an impact in preparing the learning process of Islamic religious education, so that it can be a positive provision in transfer of knowledge.

 

Abstrak

            Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi merupakan nikmat dan karunia Allah yang dikaruniakan kepada umat manusia. Fasislitas internet dan media virtual, memudahkan manusia dalam mengakses informasi dan bersosialisasi tanpa disekat oleh ruang dan waktu. Perkembangan ini berdampak positif bagi perkembangan pembelajaran di era digital ini. Pembiasaaan dan optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui Google Classroom merupakan salah satu cara untuk menumbuh kembangkan kemampuan peserta didik abad ini. Penelitian ini melibatkan siswa-siswi kelas VI di MI Islamyyah Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pembelajaran melaui Google Classroom memiliki dampak dalam mempersiapkan proses pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga bisa menjadi bekal yang positif dalam memperoleh ilmu pengetahuan (transfer of knowledge).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khoirul Anam, Faris. “Kata Pengantar Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudinâ€, Buku Fiqih Media Sosial, tahun 2019

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Kencana Prenadamedia Group, tahun 2006

Arshad, Azhar. Media Pembelajran, PT Rajagrafindo Persada, tahun 2019

Mufron, Ali. Ilmu Pendidikan Islam, Aura Pustaka, Yoyakarta, Tahun 2013

Sulistyorini. Meretas Pendidkan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Penerbit Teras, 2012

Rozak, Abdul dan Albantaini, Azkia Muharrom. Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classrom, Vol 5 No.1, Juni 2018, diakses tanggal 17 oktober 2019

Sabran dan Edy Sabara. Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, ISBN : 978-602-5554-71-1, diakses pada tanggal 26 Nov 2019

Downloads

Published

2020-03-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI GOOGLE CLASSSROOM. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 129-143. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.372