Efektivitas Strategi Promosi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban Melalui Aplikasi Sosial Media Tiktok

DOI:

https://doi.org/10.32478/t0h3dh66

Authors

Keywords:

Promosi, Tiktok, perguruan tinggi, IAINU Tuban

Abstract

Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban merupakan lembaga pendidikan tinggi kegamaan Islam swasta yang menggunakan aplikasi Tiktok sebagai salah satu media promosinya. Tiktok dinilai sebagai platform yang mampu menjangkau lebih banyak audiens dan menghasilkan engagement rate yang terpantau. Dalam penelitian Efektivitas Strategi Promosi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban melalui Aplikasi Sosial Media Tiktok ini diukur menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Model analisis yang digunakan yaitu three layers of social media yang mencakup media analysis, conversation analysis, dan network analysis dan yang kedua metode yang digunakan Analisis SWOT. Hasil pengukuran three layers of social media terhadap konten video yang ada di akun Tiktok @iainutuban mendapatkan respon positif dan mendapatkan engagement rate sebesar 4,38%. Hasil dari analisis SWOT memberikan gambaran strategi yang bisa diambil untuk pengembangan konten Tiktok @iainutuban, khususnya dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Dian Rustyawati, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

    Lecturer

  • Sholikah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

    MPI

References

Alfayed, E., Ramadeli, L., Agnestasia, R., Amalina, V., Swid, Z. H. O., & Riofita, H. (2023). Analisis strategi pemasaran dan penjualan e-commerce pada TikTok Shop. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(2), 195–201.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Augustinah1, F., Faluktas, W., Administrasi, I., & Bisnis, A. (n.d.). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI KABUPATEN SAMPANG.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 26–33.

Azzariaputrie, A. N., & Avicenna, F. (2023). Pengaruh content marketing TikTok terhadap customer engagement (Studi Kuantitatif pada Akun TikTok SilverQueen Selama Masa Campaign Banyak Makna Cinta). Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(2), 70–75.

Badan Pusat Statistik. (2022). statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Feng, M., Binns, S., & Emery, S. (2024). Exploring #MentholBan on TikTok: A Thematic and Semantic Network Analysis. Nicotine & Tobacco Research, ntae036. https://doi.org/10.1093/ntr/ntae036

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199–208.

Januarti Drakel, W., Heny Pratiknjo, M., & Mulianti, T. (2018). PERILAKU MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO.

Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173

Li, Q. (2022). Analysis of Short Video Content of Tik Tok Beauty Bloggers Based on Social Network Analysis. International Journal of Social Science and Education Research, 5(11), 17–22. https://doi.org/10.6918/IJOSSER.202211_5(11).0004

Magdalena, M., & Iskandar, H. (2024). Strategi Pemasaran Digital Marketing di Aplikasi Tiktok Menggunakan Matriks IFAS dan EFAS dengan Metode Analisis SWOT. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 7(2), 1002–1016.

Martono, S., & Budiardjo, H. (2021). Analisis Efektivitas Iklan Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Media Sosial Tiktok dengan Pendekatan Epic Model. Jurnal Sebatik, 25(1), 9–18.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.

Nasution, M. I. P. (2024). Kesadaran dan Sikap Pengguna Terhadap Privasi Data dalam Penggunaan Aplikasi Sosial Media Tiktok: Studi Kasus Generasi Z. JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 1(4), 679–686.

Nurhayati, N., & Islam, M. A. (2022). Perancangan Konten Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Dedado Batik Di Surabaya. BARIK, 3(2), 112–124.

Rahayu, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Pemasaran Digital Bimbel Online JadiASN. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 710–720.

Salma, D. A., & Albab, C. U. (2023). Strategi Konten TikTok@ jpradarsemarang dalam Meningkatkan Engagement. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2), 163–166.

Samlaw, S., Suherman, A., & Fida, W. N. (2023). Analisis Strategi Promosi Universitas Muhammadiyah Buton di Aplikasi Media Sosial Tiktok. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(1), 181–190.

Ulfa, Z. D., & Perdana, J. A. (2022). Program Zitasi Generasi Z Melalui Aplikasi Fatsecret Pada Siswa Smk Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 2(1), 35–43.

We Are Socials. (2024). DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Yudhistira, N., & Muflichah, H. S. (2022). Literature Study on Tiktok Social Media as a Marketing Media Tool. INFOKUM, 10(5), 539–543.

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Efektivitas Strategi Promosi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban Melalui Aplikasi Sosial Media Tiktok. (2025). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(2). https://doi.org/10.32478/t0h3dh66