Sinergi Teori Pembelajaran dan Kurikulum: Kunci untuk Kesuksesan Pendidikan di Era Digital

<i><b>(Synergi of Learning Theory and Curriulum:</b></i><i> </i><i><b>the Key to Eduational Success in the Digital Era)</b></i>

DOI:

https://doi.org/10.32478/2br96c11

Authors

  • Ayunda Salsabila UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Nurul Mawaddah Al-Mursal UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Risky Aryska Putri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Liza Efriyanti UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia
  • Mardivta Yolanda UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi -  Indonesia

Keywords:

teori pendidikan, kurikulum, pendidikan era digital

Abstract

Pendidikan di era digital menghadapi tantangan untuk mengintegrasikan teori pembelajaran dan kurikulum guna menciptakan sistem yang responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sinergi antara teori pembelajaran adaptif, analisis data pembelajaran, dan kurikulum berbasis kompetensi digital sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis tematik terhadap publikasi akademik terbaru (2020–2025) yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital dalam pendidikan mampu meningkatkan aksesibilitas, personalisasi pembelajaran, dan keterlibatan siswa secara signifikan. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan pendidik, disparitas akses teknologi, dan infrastruktur yang belum memadai masih menjadi hambatan utama. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan aspek kebaharuan (novelty) berupa integrasi teori pembelajaran adaptif, analisis data berbasis teknologi, dan kurikulum digital sebagai pendekatan holistik untuk menciptakan pendidikan yang lebih relevan dan efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi antara pendidik, pengembang teknologi, dan pemangku kebijakan untuk memastikan keberlanjutan inovasi dalam pendidikan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Mardivta Yolanda, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

    Penulis menyatakan bahwa tidak terdapat konflik kepentingan terkait dengan topik, temuan, maupun pendanaan dalam penelitian ini. Seluruh proses penelitian dilakukan secara independen tanpa adanya keterlibatan pihak komersial, finansial, maupun hubungan pribadi yang dapat memengaruhi objektivitas dan integritas hasil penelitian. Seluruh analisis dan kesimpulan disusun berdasarkan kajian ilmiah dan data yang valid.

References

Adekamisti, R., Handayani, T., Novianty, E., & Harmi, H. (2025). Implementasi Manajemen Sistem Pendidikan Pada Tingkat Dasar Dan Menengah : Tantangan Dan Solusi. 8(1), 211–225.

Anindita, G. K., & Garjita, A. W. (2023). Inovasi Pendidikan Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Manajemen Pendidika, 5(2), 52–60.

Dzattadini, A., Amelia, D., Anggina, L., Putra, M. R. E., & Indonesia, U. P. (2025). Improving Student Competence Through Innovation Of Islamic Boarding School-Based Learning Strategic. Journal Of Curriculum Development, 4(1), 215–228.

Firman Aziz, Yoana Nurul Asri. (2022). Media Pembelajaran Digital Teknologi. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 8).

Muhammad Naeem, Wilson Ozuem, Kerry Howell, S. R. (2023). A Step-By-Step Process Of Thematic Analysis To Develop A Conceptual Model In Qualitative Research. International Journal Of Qualitative Methods, 22.

Prihantini, Rogahang, S. S. N., Kalalo, R. R., Rahmiyati, R., & Yanti, E. R. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dan Pengalaman Belajar Siswa. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2), 1342–1349. Retrieved From Https://Www.Ojs.Cahayamandalika.Com/Index.Php/Jcm/Article/View/2255

Putri, I. D., Kurniati, M., Dian, R., Mauldya, E., Yusuf, N., & Indonesia, U. P. (2025). Innovation In Accounting Learning At The Social Work Department In Kurikulum Merdeka. Journal Of Curriculum Development, 4(1), 129–142.

Rahmat Sinaga, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. Https://Doi.Org/10.24114/Kjb.V7i1.10113

Rohmah, N., & Sari, N. I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Iqra, 1(1), 12756–12764.

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311.

Siregar, I. S., & Lubis, A. D. (2024). Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Digital : Strategi Dan Solusi. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(2), 250–257.

Wahyuni, D. S., Karisma, N. A. M., & ... (2024). Memahami Strategi, Tantangan, Dan Solusi Pengintegrasian Literasi Digital Dalam Kurikulum Inklusif Untuk Sdgs 2030. Jurnal Ilmiah …, 1(5), 230–243. Retrieved From Https://Ejurnal.Kampusakademik.Co.Id/Index.Php/Jirs/Article/View/1323%0ahttps://Ejurnal.Kampusakademik.Co.Id/Index.Php/Jirs/Article/Download/1323/1213

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Sinergi Teori Pembelajaran dan Kurikulum: Kunci untuk Kesuksesan Pendidikan di Era Digital: (Synergi of Learning Theory and Curriulum: the Key to Eduational Success in the Digital Era). (2025). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 6(1), 1-15. https://doi.org/10.32478/2br96c11

Similar Articles

1-10 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.