MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.73Keywords:
Modernisasi Pendidikan Islam, Nurcholish MadjidAbstract
Konsep awal Nurcholish Madjid dalam memodernisasi pendidikan berangkat dari sistem pendidikan Gontor sebagai model. Tetapi, lebih jauh lagi model pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid adalah untuk memadukan unsur keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan. Modernisasi pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid pada dasarnya mengacu pada pertumbuhan metode berpikir filosofis, dan membangkitkan kembali etos keilmuan Islam yang pada masa klasik Islam telah memperhatikan hasil yang cukup gemilang. Sebagai landasan historis, modernisasi pendidikan berangkat pada penelaahan kembali kejayaan umat Islam pada masa klasik.
Downloads
References
Malik Fadjar, 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan
Nurcholish Madjid, 1992. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodrenan, Jakarta: Paramadina
H.A.R. Gibb dan J.H. Kramers, Shorter 1961.Encyclopedia of Islam, Leiden: E.J. Brill
Arbiyah Lubis, 1993. Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh, Suatu Studi Perbandingan, Jakarta: Bulan Bintang
Palrik Bannerman, 1988. Islam in Perspective: A Guide to Islamic Society, Politics and Law,London dan New York: Bontledge
Tim Penyusun, 1982. Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta: Djambatan
Siti Nadroh, 1999. Wacana Keagamaan dan Politik Nurcholish Madjid, Jakarta: Rajawali Pers
Nurcholish Madjid, 1998. “Rindu Kehidupan Zaman Masyumi,†dalam Dialog Keterbukaan: Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer, Jakarta: Paramadina
Fachri Ali, “Intelektual, Pengaruh Pemikiran dan Lingkungannya,â€
Greg Barton, 1999. Gagasan Islam Liberal di Indonesia: Pemikiran Neo Modernisme, Djohan Effendi, Ahmad Wahib, dan Abdurrahman Wahid, Jakarta: Paramadina Pustaka Antara
Dedy Djamaluddin dan Idi Subandy Ibrahim, 1998.Zaman Baru Islam Indonesia: Pemikiran dan Aksi Politik,Bandung: Zaman Wacana Mulia
Agussalim Sitompul, 1976. Sejarah Perjuangan HMI, Surabaya: Bina Ilmu
Komaruddin Hidayat 1995. dalam Kata Pengantar, Nurcholish Madjid, Islam Agama Peradaban membangun Makna Relevansi Islam dalam Sejarah, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina
Muslih Usa (Ed.), 1991. Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana
Soroyo, 1991.“Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000,†dalam buku Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Editor: Muslih Usa, Yogyakarta: Tiara Wacana
Hamid Hasan Bil Rami dan Sayid Ali Asyraf, 1989.Konsep Universitas Islam, terj. Machnun Husein, cet. ke-1, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
Nurcholish Madjid, 1997. Kaki Langit Peradaban Islam, cet. ke-1, Jakarta: Paramadina,
Azyumardi Azra, 1998. "Rekonstruksi Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam" dalam M. Anis, (pen), Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren, Religiusitas Iptek, cet. ke-1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurcholish Madjid, "Jangan Tinggalkan Masa lalu", dalam Republika Jum’at 25 Juni 1999
M. Athiyah Al-Abrasyi, 1993. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, LIS., cet. Ke-7, Jakarta: Bulan Bintang,
Lihat wawancara Nurcholish Madjid dengan Republika, "Untuk Menguasai MIPA Lembaga Pendidikan Islam Mesti Memodernisasi Diri,†Senin, 8 Maret 1999
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Umi Salamah, PENJAMINAN MUTU PENILAIAN PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Akhmad Said, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET
- setiawan setiawan, Lailatul Qodariyah, Pengembangan Manajemen Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pendidikan di STAIMA Al-Hikam Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Rahmatullah Rahmatullah, PESANTREN EFFECTIVENESS: THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN ENHANCING PERFORMANCE IN PESANTREN INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- - Romdloni, MANAJEMEN PERSONALIA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERSONALIA DI MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.