MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.82Keywords:
Manajemen pembelajaran 'aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama'ah.Abstract
Ditengah munculnya berbagai aliran yang dinilai menyimpang dari mainstream, banyak cara yang dilakukan dalam rangka penguatan aqidah dan klarifikasi terhadap kritik, berbagai tuduhan bid‘ah, syirik, kafir yang kerap di alamatkan kepada penganut setia mazhab Abu al-Hasan al-Ash‘ari dan Abu Manshur al-Maturidi. Pondok pesantren Nurul Islam Jember, merupakan salah satu dari sekian banyak pesantren di Indonesia yang melakukan penguatan ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah terhadap para santrinya secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember. Adapun aspek yang akan diteliti yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian tentang manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif-studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa proses perencanaan di PP. Nurul Islam Jember ini yang dimulai dari perumusan tujuan, proses kebijakan dan prosedur perencanaan, kesemuanya itu telah berjalan sesuai dengan teori dan konsep-konsep yang ada kecuali pada strategi pengorganisasian dan rekrutmen tenaga pendidiknya. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajarannya, semuanya bagus kecuali pada pengelolaan ruang kelas dan guru. Dan pada tahap evaluasi, ditinjau dari segi waktunya di pesantren ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu bulanan, tengah dan akhir semester. Dan ditinjau dari sisi bentuknya evaluasi ada dua macam, yaitu pertama berbentuk laporan capaian materi, kedua berbentuk ujian tulis.
Kata kunci : Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah.
Downloads
References
Abdusshomad, Muhyidin. 2008. Hujjah NU; Aqidah-Amaliah-Tradisi. Surabaya. Khalista.
Al-Ash‘ari, Abu al-Hasan. 1990. Maqalat Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mus}allin. Beirut. Al-Maktabah al-‘Ashriyyah.
Al-Ashqor, Umar Sulaiman. 1994. Asma’ Allah wa S}ifatuhu fi Mu’taqod Ahlu al-Sunnah wa al-Jama‘ah. Al-Ardan. Dar al-Nafais.
Al-Bani, Wahabi Sulaiman Ghoroji. 1977. Arkan al-Iman. Beirut. Muassasah al-Risalah.
Al-Hakami, Hafid bin Ahmad. Tanpa tahun. 200 Su’al wa Jawab fi ‘Aqidah Islamiyah: ‘Aqidah Ahlu al-Sunnah wa al-Jama‘ah. Beirut. Dar al-Arqom.
Al-Jarbu’I, Abdullah bin Abdi al-Rohman. 2000. Athr al-Iman fi Tahsin al-Ummah al-Islamiyah d}iddu al-Afkar al-Hadamah. Riyad}. Maktabah Adwau al-Salaf.
Al-Jazari, T{ahir bin Saleh. Tanpa tahun. Jawahir al-Kalamiyah. Surabaya. al-Miftah.
Al-Suyut}i, Jalal al-Din. 1998. al-Taushih} Sharh} al-Jami’ al-S}ah}ih}. Riyad. Maktabah al-Rushd.
Al-Suyut}i, Jalal al-Din. 2003. al-Durr al-Manthur fi al-Tafsir bi al-Ma’thur. Beirut. Markazu Hajjin li al-Buhuthi Wa al-Dirosati al-‘Arabiyati Wa al-Islamiyyati.
Al-Maktabah al-Shamilah (software kitab-kitab khazanah keislaman), al-Is}dar al-Awwal (edisi pertama).
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Burhanudin, Nunu. 2010. Tipologi Gerakan Sempalan Dalam Islam Di Kalangan Umat Islam Indonesia: Analisis Sosiologi dan Fungsional. Annual Conference on Islamic Studies (ACIS ke-10).
Fud}oli, Muhammad. Tanpa tahun. Kifayat al-‘Awam. Surabaya. al-Miftah.
Hamalik, Oemar.1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung. Tarsito
Infotercepatku.blogspot.com/2013/06/daftar-aliran-sesat-di-indonesia-lengkap.html
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Gaung Persada.
Jones, James J & Walters, Donald. 2008. Human Resource Management In Education. Yogyakarta. Q Media.
Kominfo.jatimprov.go.id/watch/31590.(2 juli 2012)
Majid, Abdul. 2004. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson. 2007. Al-Munawwir; Kamus Arab-Indonesia. Surabaya. Pustaka Progresif.
Nanang, Fatah. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Pidarta, Made. 2005. Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta. Rineka Cipta.
Poerdarwaminta, W.J.S. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Poerwati, Loeloek Endah & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013 Jakarta. Prestasi Pustaka.
Pongtuluran, Aris. 1995. Kebijakan Organisasi dan Pengambilan Keputusan Manajerial. Jakarta. LPMP.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian : Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Devi Pramitha, REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Tri Mardiansah, Muhammad Daniel, Mi'raj Mi'raj, Evaluasi Program Tahfidz Ummi Model CIPP di Sd Ummu Aiman Malang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- MIFTACHUL ULUM, PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- A. Qomarudin Qomarudin, BIAYA MUTU PENDIDIKAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Rahmatullah Rahmatullah, PESANTREN EFFECTIVENESS: THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE IN ENHANCING PERFORMANCE IN PESANTREN INSTITUTIONS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Mochamad Nurcholiq, SUPERVISI KLINIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Faishal Haq, ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Wahyudi Widodo, Abd. Azis Tata Pangarsa, PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- MIFTAKHUL MUNIR, MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.