MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.82Keywords:
Manajemen pembelajaran 'aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama'ah.Abstract
Ditengah munculnya berbagai aliran yang dinilai menyimpang dari mainstream, banyak cara yang dilakukan dalam rangka penguatan aqidah dan klarifikasi terhadap kritik, berbagai tuduhan bid‘ah, syirik, kafir yang kerap di alamatkan kepada penganut setia mazhab Abu al-Hasan al-Ash‘ari dan Abu Manshur al-Maturidi. Pondok pesantren Nurul Islam Jember, merupakan salah satu dari sekian banyak pesantren di Indonesia yang melakukan penguatan ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah terhadap para santrinya secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember. Adapun aspek yang akan diteliti yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian tentang manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif-studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa proses perencanaan di PP. Nurul Islam Jember ini yang dimulai dari perumusan tujuan, proses kebijakan dan prosedur perencanaan, kesemuanya itu telah berjalan sesuai dengan teori dan konsep-konsep yang ada kecuali pada strategi pengorganisasian dan rekrutmen tenaga pendidiknya. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajarannya, semuanya bagus kecuali pada pengelolaan ruang kelas dan guru. Dan pada tahap evaluasi, ditinjau dari segi waktunya di pesantren ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu bulanan, tengah dan akhir semester. Dan ditinjau dari sisi bentuknya evaluasi ada dua macam, yaitu pertama berbentuk laporan capaian materi, kedua berbentuk ujian tulis.
Kata kunci : Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah.
Downloads
References
Abdusshomad, Muhyidin. 2008. Hujjah NU; Aqidah-Amaliah-Tradisi. Surabaya. Khalista.
Al-Ash‘ari, Abu al-Hasan. 1990. Maqalat Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mus}allin. Beirut. Al-Maktabah al-‘Ashriyyah.
Al-Ashqor, Umar Sulaiman. 1994. Asma’ Allah wa S}ifatuhu fi Mu’taqod Ahlu al-Sunnah wa al-Jama‘ah. Al-Ardan. Dar al-Nafais.
Al-Bani, Wahabi Sulaiman Ghoroji. 1977. Arkan al-Iman. Beirut. Muassasah al-Risalah.
Al-Hakami, Hafid bin Ahmad. Tanpa tahun. 200 Su’al wa Jawab fi ‘Aqidah Islamiyah: ‘Aqidah Ahlu al-Sunnah wa al-Jama‘ah. Beirut. Dar al-Arqom.
Al-Jarbu’I, Abdullah bin Abdi al-Rohman. 2000. Athr al-Iman fi Tahsin al-Ummah al-Islamiyah d}iddu al-Afkar al-Hadamah. Riyad}. Maktabah Adwau al-Salaf.
Al-Jazari, T{ahir bin Saleh. Tanpa tahun. Jawahir al-Kalamiyah. Surabaya. al-Miftah.
Al-Suyut}i, Jalal al-Din. 1998. al-Taushih} Sharh} al-Jami’ al-S}ah}ih}. Riyad. Maktabah al-Rushd.
Al-Suyut}i, Jalal al-Din. 2003. al-Durr al-Manthur fi al-Tafsir bi al-Ma’thur. Beirut. Markazu Hajjin li al-Buhuthi Wa al-Dirosati al-‘Arabiyati Wa al-Islamiyyati.
Al-Maktabah al-Shamilah (software kitab-kitab khazanah keislaman), al-Is}dar al-Awwal (edisi pertama).
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Burhanudin, Nunu. 2010. Tipologi Gerakan Sempalan Dalam Islam Di Kalangan Umat Islam Indonesia: Analisis Sosiologi dan Fungsional. Annual Conference on Islamic Studies (ACIS ke-10).
Fud}oli, Muhammad. Tanpa tahun. Kifayat al-‘Awam. Surabaya. al-Miftah.
Hamalik, Oemar.1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung. Tarsito
Infotercepatku.blogspot.com/2013/06/daftar-aliran-sesat-di-indonesia-lengkap.html
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Gaung Persada.
Jones, James J & Walters, Donald. 2008. Human Resource Management In Education. Yogyakarta. Q Media.
Kominfo.jatimprov.go.id/watch/31590.(2 juli 2012)
Majid, Abdul. 2004. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson. 2007. Al-Munawwir; Kamus Arab-Indonesia. Surabaya. Pustaka Progresif.
Nanang, Fatah. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Pidarta, Made. 2005. Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta. Rineka Cipta.
Poerdarwaminta, W.J.S. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Poerwati, Loeloek Endah & Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013 Jakarta. Prestasi Pustaka.
Pongtuluran, Aris. 1995. Kebijakan Organisasi dan Pengambilan Keputusan Manajerial. Jakarta. LPMP.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian : Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Mochamad Nurcholiq, ACTUATING DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADITS (Kajian Al-Quran dan Al-Hadits Tematik) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Bahar Agus Setiawan, Sofyan Rofi, Antara Recognisi, Rekonstruksi dan Kekhawatiran Hilangnya Indigenousity Pondok Pesantren , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Mariaty Podungge, PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Rosidin, OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Alviyatul Qodri, Maskud Maskud, Faisol Nasar bin Madi, ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MULTILINGUAL DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Sofwan Manaf, Matnur Ritonga, LECTURER RESOURCE DEVELOPMENT DESIGN OF DARUNNAJAH UNIVERSITY JAKARTA FROM 2023 TO 2031 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.