KAJIAN PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL

DOI:

https://doi.org/10.32478/jis.v1i1.810

Authors

Abstract

Progam tahfidz Al-Qur’an mempunyai peran penting dalam upaya mengembangkan pendidikan agama Islam, baik itu proses dalam pendidikan formal seperti di sekolah, non formal seperti di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) maupun pondok pesantren. Para akademisi dan spesialis sependapat bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki efek yang baik dalam pengembangan keterampilan dasar pada siswa, serta dapat meningkatkan pendidikan dan prestasi akademis. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran program tahfidz Qur’an pada sekolah formal di MA Daarul Huda. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan perilaku orang, peristiwa atau tempat tertentu secara rinci dan mendalam. Hasil dari artikel ini Proses pembelajaran program tahfidz Qur’an pada sekolah formal di MA Daarul Huda MA Daarul Huda dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran intensif antara guru dengan peserta didik. Melalui pembimbingan dalam menghafal diharapkan peserta didik mampu meningkatkan intensitas dalam menghafal Al-Quran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Zainul Arifin, STAI Ma'Had Aly AL-Hikam Malang

References

Al Faruq, Umar. 10 Jurus Dahsyat Menghafal Al-Qur’an. Surakarta: Ziyad, 2014.

Al-Hafidz, Ahsin Wijaya. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Al-Munawar, Said Agil Husin. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Al-Qattan, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antarnusa, 2001.

Al-Qur’an Surat Al-A’raf: 204

Al-Qur’an Surat AlQiyamah: 17-18

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Asmani, Jamal Ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press[Anggota [KAPI], 2011.

Awabuddin, Abdurrab N. Tekhnik Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru, 1991.

Azmi Jazmi, Kamrul dan Che Noh, P. Madya, Moh. Aderi. Sejarah, Kaedah serta Model Pengajaran dan Pembelajaran Al-Qur’an. Kuala Lumpur, 2013.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Metodologis dan Filosofis Ke Arah Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Remaja, 2003.

Djalal, H.A. Abdul. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu, 2012.

Badwilan, Ahmad Salim. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an, pent: Rusli. Jogjakarta: Diva Press, 2012.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara, 2009.

Chairan, Lisya dan Subandi, M.A. Psikologi Santri Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2010.

Munawir, Ahmad Warson. Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Nadhifah. Jurnal Pendidikan Islami, volume 15, Nomor 1. 2006.

Rusmono. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.

Saroni, Muhammad. Manajemen Sekolah. Jogyakarta: Arr-Ruzz, 2006.

Shofwan, Muhammad. Penerapan Program Tahfidz Al-Qur’an pada Pembelajaran Materi Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-Karim Ngeni Kepuhkiriman Waru Sidoarjo. Skripsi Fakultas Tarbiyah, 2013.

Sudrajat, Ajat. Din Al-Islam. Yogyakarta: Upp Ikip, 1998.

Suwandi dan Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Thohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Graindo Persada, 2005.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1999.

Qolawun, Awy A. Bengkel Jiwa. Malang: Hasfa Publishing, 2011.

Downloads

Published

2020-06-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

KAJIAN PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL (Z. Arifin , Trans.). (2020). Journal Islamic Studies, 1(1), 113-125. https://doi.org/10.32478/jis.v1i1.810