STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BTQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DI SMP PAB 8 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN – DELI SERDANG
PAI Teachers’ Strategy In Improving The Quality Of BTQ (Reading And Writing The Quran) At PAB 8 SMP Sampali, Percut Sei Tuan District – Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.32478/cs1j5q92Keywords:
Qur'anic Literacy (BTQ), Islamic Education, Teacher's StrategyAbstract
ABSTRACT
This study aims to know the strategies used by Islamic Education (PAI) teachers to improve the quality of Qur'anic Literacy (BTQ) learning at SMP PAB 8 Sampali, Percut Sei Tuan District. This research employs a qualitative approach with a phenomenological method. Primary data sources were obtained through direct observation at the school, in-depth interviews with PAI teachers, and documentation to produce accurate data. The results of the study indicate that PAI teachers implement various strategies, including integrating BTQ material with other subjects, using innovative teaching methods, and organizing extracurricular programs. Additionally, both the school and home environments play crucial roles in supporting BTQ learning. Despite challenges such as students' educational backgrounds and limited learning time, this study emphasizes the importance of innovation in teaching methods and support from the educational environment to enhance students' understanding and mastery of the Qur'an
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di SMP PAB 8 Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data primer diperoleh melalui observasi langsung ke madrasah, wawancara mendalam dengan guru PAI serta dokumentasi untuk menghasilkan data yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi, termasuk integrasi materi BTQ dengan pelajaran lain, penggunaan metode inovatif dalam pengajaran, dan penyelenggaraan program ekstrakurikuler. Selain itu, lingkungan sekolah dan rumah memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran BTQ, walaupun terdapat beberapa hambatan terjadi seperti latar belakang pendidikan siswa dan waktu pembelajaran yang singkat, penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran dan dukungan dari lingkungan pendidikan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap Al-Qur'an.
Keywords: Qur'anic Literacy (BTQ), Islamic Education, Teacher's Strategy
Downloads
References
Amiruddin, and Aprilia Datonsolang. 2024. ‘STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MA ALKHAIRAAT BINTAUNA’. Jiep: Jurnal Of Islamic Education Policy 9(1):1–3. doi: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i1.2870.
Aprilia. n.d. ‘Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`An Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al- Qur`an Pada Siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia’. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 2(1):2023. doi: https://doi.org/10.56114/edu.v2i1.9278.
Arini, Aida, and Halida Umami. 2019. ‘Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Dan Sosiokultural’. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 2(2):104–14. doi: 10.33367/ijies.v2i2.845.
Asmawadi, Andi. 2021. ‘PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ)’. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 1(1):9–16. doi: 10.51878/vocational.v1i1.31.
Assingkily, Muhammad Shaleh. 2019. ‘PERAN PROGRAM TAHFIZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA’. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9(1). doi: 10.22373/jm.v9i1.4157.
Harsyah, Zuhari. 2023. ‘Relevansi Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Quran di Era Kontemporer’. Social Science Academic 1(1):105–18. doi: 10.37680/ssa.v1i1.3213.
Hasanah, Nur Hafidhotul. 2013. ‘EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS VII MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL’. 10(1):59–56.
Munawaroh, Siti. 2016. ‘Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur.’ SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 4(1). doi: 10.21093/sy.v4i1.538.
Nurzannah, Siti. 2022. ‘Peran Guru Dalam Pembelajaran’. ALACRITY : Journal of Education 26–34. doi: 10.52121/alacrity.v2i3.108.
Purwaka, Sigit. 2017. ‘EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI METODE IQRA’ DAN METODE UMMI)’. xiv(2):279–304. doi: DOI : 10.14421/jpai.2017.142-07.
Rudiyanto, Rudiyanto, Nuris Irmayanti, Sayati Sayati, and Sukron Makmun. 2022. ‘Pembelajaran PAI Berbasis Problem Based Learning Di SMAN 1 Pamekasan’. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 8(3):891. doi: 10.32884/ideas.v8i3.846.
Sugiono. 2013. ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono’. P. 334 in. Bandung: Alfabeta.
Winata, Koko Adya, Hisny Fajrussalam, Muhibbin Syah, and Mohamad Erihadiana. 2020. ‘Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Terhadap Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Guru Pendidikan Agama Islam’. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(2). doi: 10.18860/jpai.v6i2.8035.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlina, Sri Aqilah Maulida, Fatma Ayu Winata, M. Mahdi Al Fattah, M Inggit Prabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.