IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI

DOI:

https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506

Authors

  • Mahrus Mahrus 1STAI Nahdhatul Ulama Malang
  • Zubdatul Itqon Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Teori Humanistik, Kecerdasan Ganda, Pembelajaran PAI

Abstract

This study aims to describe the implications of humanistic learning theory and multiple intelligences on learning Islamic education. This research is library research. Research data were obtained from books and scientific journal notes. The results showed that Abraham Maslow's humanistic theory aims to humanize humans as early as possible as their nature. The learning process is considered effective if students understand themselves and their surroundings. Students in a series of learning should try so that sooner or later they can actualize themselves as best as possible. Meanwhile, Howard Gardner's theory of multiple intelligences is oriented towards understanding the potential abilities of various intelligences so that their potential can be optimized according to the nature of their creation.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi teori pembelajaran humanistik dan kecerdasan majemuk terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian diperoleh dari buku dan catatan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori humanistik Abraham Maslow bertujuan untuk memanusiakan manusia sedini mungkin sebagaimana fitrahnya. Proses pembelajaran dianggap efektif jika siswa memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Siswa dalam suatu rangkaian pembelajaran hendaknya berusaha agar cepat atau lambat ia dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin. Sedangkan teori kecerdasan majemuk Howard Gadrdner berorientasi pada memahami kemampuan potensi berbagai kecerdasan agar potensinya dapat optimal sesuai dengan fitrah penciptaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbayah, Model Pembelajaran Humanistik, Vol 13. No. 2, Desember 2013.

Armstrong, Thomas. Setiap Anak Cerdas!: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya, terj. Rina Buntaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2002.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2017

Gardner Howard. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Hachette UK, 2011

Hamzah Amir, Teori Multiple Intelligences dan Implikainya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran, (Jurnal Tadris, Volume 4. Nomor 2, 2009

Iskandar, Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan, Vol. 4 No. 1, Januari – Juni 2016

Ismail Fajri, Evaluasi Pendidikan , Palembang: Tunas Gemilang Press, 2014

Kanisius, 2008.

Komara, Endang, Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung: PT Refrika Aditama, 2014.

Mardalis, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal Bumi Aksara, 1995

Maslow, Abraham H, Motivation And Personality, Harper & Row: 1970.

Nata Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, Kencana, 2014

Siregar Eveline, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011

Suharsono, Mencerdaskan Anak, Melejitkan Intelektual dan Spiritual, Kesalehan serta Kreativitas Anak (IQ, EQ, dan SQ, Cet: ke 1, Depok: Inisiasi Press: 2004

Suparno, Paul. Teori Inteligen Ganda & Aplikasinya Di Sek, Teori Howard G. Yogyakarta:

Suprihatin, Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, Januari – Juni 2017.

W. Santrock, John, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

Downloads

Published

2020-09-22

How to Cite

IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI. (2020). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75-91. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506